//

PENGARUH PAPARAN KOPI DAN ROKOK TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN GLASS IONOMER CEMENT KAPSUL YANG DI-COATING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAYED RUSTIA - Personal Name
SubjectDENTAL RESTORATION (GLASS IONOMER CEMENT) GIC
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Sayed Rustia Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Paparan Kopi dan Rokok Terhadap Kekasaran Permukaan Glass Ionomer Cement Kapsul Yang Di-Coating Kekasaran permukaan Glass Ionomer Cement (GIC) kapsul merupakan karakteristik ketidakteraturan permukaan GIC kapsul yang dapat disebabkan oleh faktor ekstrinsik yaitu meminum kopi dan menghisap rokok. Kekasaran permukaan GIC kapsul dapat dicegah menggunakan bahan coating saat proses awal setting dan selanjutnya. Bahan coating yang sering digunakan adalah cocoa butter dan varnish. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang perbandingan kekasaran permukaan GIC kapsul yang di-coating cocoa butter dan varnish setelah terpapar kopi dan rokok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian true experimental dengan desain penelitian pre-test and post-test control design. Spesimen penelitian berjumlah 22 spesimen GIC kapsul yang permukaannya datar, halus dan tidak berporus. Spesimen dikelompokkan menjadi 2 spesimen kelompok kontrol yang direndam dalam akuades selama 24 jam dan 20 spesimen sisanya dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan yang terpapar kopi dan rokok sebanyak 5 siklus. Kelompok perlakuan pertama yaitu GIC kapsul yang di-coating cocoa butter. Kelompok perlakuan kedua yaitu GIC kapsul yang di-coating varnish. Spesimen penelitian diamati dengan menggunakan surface roughness tester dan diukur tingkat kekasaran permukaannya. Data dianalisis menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) dengan Dependent Sample T-Test yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan bermakna kekasaran permukaan GIC kapsul yang di-coating cocoa butter dan varnish terhadap sebelum dengan sesudah perlakuan (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PAPARAN KOPI DAN ROKOK TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN GLASS IONOMER CEMENT KAPSUL YANG DI-COATING (SAYED RUSTIA, 2017)

GAMBARAN PENGGUNAAN BAHAN AMALGAM, RESIN KOMPOSIT DAN GLASS IONOMER CEMENT (GIC) DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNSYIAH PADA BULAN JULI – DESEMBER 2014 (Nur Shabrina, 2016)

KEKERASAN PERMUKAAN GLASS IONOMER CEMENT (GIC) SETELAH PENAMBAHAN 5% SILIKA DARI PASIR LAUT (Apriliadi Saputra, 2018)

STUDI KEKASARAN PERMUKAAN GLASS IONOMER CEMENT SETELAH PENYIKATAN DENGAN PASTA GIGI DETERGEN DAN NON DETERGEN (SYARAFINA RAMAZANI, 2015)

GAMBARAN PERLEKATAN GLASS IONOMER CEMENT MODIFIKASI SILIKA 5% DARI PASIR LAUT DENGAN GIGI MENGGUNAKAN SCANNING ELECTRON MICROSCOPE (SEM) (DWI SEPTIANI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy