//

PENERAPAN PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING INSCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI KELAS VII-1 MTSN MODEL MELABOH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muzikka Anwar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembelajaran fisika yang dilakukan dalam kelas masih berpusat pada guru, siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran dan model yang diterapkan dalam proses pembelajaran kurang efektif, sehingga menjadikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di bawah rata-rata nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk menghindari pembelajaran yang berpusat pada guru dan mengajak siswa turut aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran CLIS pada materi energi, untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan menerapkan model pembelajaran CLIS dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran CLIS. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas VII-1 MTsN Model Meulaboh tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 36 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan rumus persentase. Adapun hasil yang diperoleh setelah dilakukan tindakan dan analisis data adalah penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) pada materi energi di kelas VII-1 MTsN Model Meulaboh dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa, yaitu pada siklus I sebesar 72,22%, siklus II sebesar 86,11%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 13,89%. Dengan jumlah nilai rata-rata pada siklus I sebesar 71,25, pada siklus II sebesar 78,89. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CLIS mengalami peningkatan dan penerapan model pembelajaran CLIS pada materi energi mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Putri Yolanda Utari, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE (Noni Anggraini, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Wan Mursalin, 2016)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA RNNEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Dasmadewi, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRIKELAS X MIA 3 SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Intan Mustika, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.