Search :

Advance


PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novi Marliani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Novi Marliani. 2016. Pengaruh Model Science, Technology, Society, Environment Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar Siswa, Pada Materi Pencemaran Lingkungan di MAS Jeumala Amal Pembimbing I Dr. Hasanuddin, M.Si,. Pembimbing II Dr.Cut Nurmaliah, M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Science, Technology, Society, Environment berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa, pada materi pencemaran lingkungan di MAS Jeumala Amal. Pengambilan data dilakukan pada April 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X-IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan berpikir kritis berupa soal berbentuk uraian, lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains, dan tes berupa pilihan ganda untuk menilai hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji- t keterampilan berpikir kritis menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel (3,711 > 2,00). Untuk keterampilan proses sains katagori pencapaian siswa adalah katagori baik dan sangat baik. Sedangakan hasil uji- t hasil belajar adalah t_hitung > t_tabel (3,37 > 2,00). Simpulan terdapat pengaruh model pembelajaran Science, Technology, Society, Environment berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di MAS Jeumala Amal. Kata Kunci: STSE, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Siswa, Pencemaran Lingkungan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Nafisah Hanim, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI SMPN 8 BANDA ACEH (Cut Zaitun Umara, 2016)

PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS SISTEM MANAJEMEN LABORATORIUM PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR DI SMA SUKMA BANGSA (HIDAYATUL MUNAWARAH, 2016)

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI METABOLISME (Nazar Muhammad, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.