Search :

Advance


KONTRIBUSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PENCAPAIAN STATUS IDENTITAS DIRI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SISWA SMAN 2 TAKENGON )

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rina Yanti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Kontribusi Teman Sebaya, Pencapaian Status Identitas Diri Remaja Penelitian yang berjudul “Kontribusi Teman Sebaya terhadap Pencapaian Status Identitas Diri Remaja (Suatu Penelitian Pada Siswa SMAN 2 Takengon)” mengangkat masalah bagaimana kaitan antara kontribusi teman sebaya dengan pencapaian status identitas diri remaja SMAN 2 Takengon, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi teman sebaya dan pencapaian status identitas diri remaja serta kaitan kontribusi teman sebaya dengan pencapaian status identitas diri remaja. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 2 Takengon yang berjumlah 112 orang siswa. Penarikan sampel secara acak (probability sampling) dengan menggunakan teknik simple random sampling. Total sampel sebanyak 88 orang siswa usia 15-16 tahun. Pengumpulan data menggunakan metode quesioner (angket) dengan model skala likert. Untuk mengetahui tingkat kontribusi teman sebaya dan pencapaian status identitas diri remaja berdasarkan kategorisasi diperoleh hasil analisis bahwa umumnya remaja memiliki tingkat kontribusi teman sebaya yang sangat tinggi yaitu sebanyak 53 siswa (62%) dan seluruh siswa juga memiliki pencapaian status identitas diri remaja yang sangat tinggi yaitu sebanyak 45 siswa (52%). Hasil analisis regresi menunjukkan ada kontribusi yang signifikan teman sebaya terhadap pencapaian identitas diri remaja sebesar 27.0 %. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima, artinya semakin besar kontribusi teman sebaya maka semakin baik pencapaian status identitas diri remaja di SMA Negeri 2 Takengon.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KONSEP DIRI REMAJA SMAN 5 DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH (NUR AZIZAH, 2016)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SANTRI MAS TGK. CHIEK OEMAR DIYAN, ACEH BESAR) (Az. Mawaddah, 2014)

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA (irdayani fitri, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUVENILE DELINQUENCY PADA REMAJA DI SMAN 8 BANDA ACEH TAHUN 2012 (anita tiara, 2014)

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP RESILIENSI REMAJA DI SMA BANDA ACEH (Fadhil Muhammad, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.