Search :

Advance


GAYA BERPIKIR SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reni Marfuza - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Marfuza, Reni. 2017. Gaya Berpikir Siswa Pada Materi Program Linear di Kelas XI Semester Ganji SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Johan Yunus, S.E., M.Si., (2) Mukhlis Hidayat, S.Pd., M.Kom. Kata kunci: Gaya Berpikir, Gaya Berpikir Divergen, Gaya Berpikir Konvergen. Gaya berpikir mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika, guru harus menyadari beragam gaya berpikir siswa yaitu cara siswa mengatur dan mengolah informasi yang diterima. Siswa menyelesaikan masalah program linear dengan caranya sendiri sesuai kemampuan yang dimilikinya dengan disesuaikan pada permasalahan matematika yang diberikan. Siswa sebagai individu yang berbeda mempunyai gaya berpikir yang berbeda pula. Untuk mengetahui bagaimana gaya berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah program linear, penulis melakukan penelitian dengan judul Gaya Berpikir Siswa Pada Materi Program Linear di Kelas XI Semester GanjilSMA Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya berpikir siswa dalam menyelesaikan soal program linear. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui tes tertulis dan dilanjutkan dengan wawancara pada subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 25 orang siswa sedangkan objeknya adalah indikator gaya berpikir divergen dan indikator gaya berpikir konvergen. Dari hasil tes tertulis para siswa dibagi menjadi dua kelompok, yakni divergen dan konvergen.Berdasakanhasilanalisis data bahwa dari 25 siswa yang diteliti gaya berpikir siswa yang dominan di kelas XI IPA5 adalah gaya berpikir konvergen, hal ini dikarenakan siswa telah memenuhi seluruh tahap berpikir konvergen mulai dari menyelesaikan masalah dengan langkah teratur, teliti saat menjawab dan jawaban siswa benar. Sedangkan siswa di kelas XI IPA 5 hanya satu siswa yang berpikir dengan divergen, siswa yang berpikir dengan cara divergen lebih kreatif dalam merencanakan dan menyelesaikan masalah program linear, ini terbukti bahwa siswa memenuhi seluruh indikator berpikir divergen mulai dari fluency, flexibility, originalitas, dan elaborate. Disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan studi kualitatif gaya berpikir siswa untuk subjek dan materi yang berbeda dan dengan pembahasan yang lebih luas. Sehingga dapat memberikan banyak pengetahuan baru untuk guru tentang gaya berpikir siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Riska Megarani, 2016)

HUBUNGAN PERSEPSI DAN SIKAP SISWA KELAS X TENTANG PEMANFAATAN LABORATORIUM DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 3 SIGLI (Muhammad Nur, 2014)

GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENGANALISIS KONSEP FISIKA MELALUI GRAFIK KINEMATIKA DI SMA NEGERI 2 DARUL MAKMUR, NAGAN RAYA (Endah Muliana, 2017)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI GAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MURID DI KELAS IV SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Imelda, 2014)

PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERBANDINGANRNSISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Nur Irsyadiyati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.