Search :

Advance


HUBUNGAN ESQ DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Lutfiani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Lutfiani, Aulia. 2016. Hubungan ESQ dan Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri I Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) Drs. Amsal Amri, M.Pd Kata Kunci: hubungan, ESQ, lingkungan keluarga, hasil belajar geografi Kecerdasan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menghadapi tantangan hidup secara tepat dan efektif. Kecerdasan seseorang juga di pengaruhi oleh lingkungan yang ada di sekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan positif dan signifikan ESQ dan lingkungan keluarga dengan hasil belajar geografi siswa kelas XI IS SMA Negeri I Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan ESQ dan lingkungan keluarga dengan hasil belajar geografi siswa Kelas XI IS SMA Negeri I Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri I Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 78 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus dari Taro Yamane yaitu sebanyak 44 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan angket. Teknik pengolahan data menggunakan koefisien korelasi ganda. Berdasarkan pengolahan data, hasil koefisien korelasi ganda diperoleh sebesar 0,46 pada kategori cukup kuat dengan koefisien determinasi (r 2 ) = 21,2%. Hasil uji signifikansi juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan. Hal ini telah dibuktikan dengan nilai F hitung = 5,50 dan Ftabel = 3,22 pada taraf signifikansi (α) 5% dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = (44-2-1) maka Fhitung > Ftabel sehingga Ha diterima. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan ESQ dan lingkungan keluarga dengan hasil belajar geografi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (Putri Haryani, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA YANG DIBERI TUGAS KELOMPOK DENGAN SISWA YANG DIBERI TUGAS INDIVIDU DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI-IS SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (Am.ikramullah, 2016)

EVALUASI KETERAMPILAN BERMAIN BOLA BASKET SISWA SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Syahril, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR (Zaini Fuza, 2014)

PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH, ACEH BESAR (Fitria Cikita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.