Search :

Advance


PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Haryani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Haryani, Putri. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Thamrin K, M.Si, (2) Drs. M. Yusuf Harun, M. Pd. Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, rotating trio exchange, two stay two stray, geografi Model pembelajaran merupakan deskripsi atau perilaku yang dilakukan oleh seorang guru ketika dalam kegiatan pembelajaran untuk mempresentasikan suatu yang akan diberikan dalam bentuk pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih optimal. Adapun beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran ialah model pembelajaran rotating trio exchange dan model two stay two stray yang dapat melatih siswa meningkatkan kerjasama dalam kelompok, dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran rotating trio exchange lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran two stay two stray pada mata pelajaran Geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran rotating trio exchange lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran two stay two stray pada mata pelajaran Geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IS yang berjumlah 73 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, diambil hanya dua kelas yakni kelas X -IS 2 sebanyak 23 siswa dan kelas X-IS 4 sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh t hitung=5,87 dan ttabel =1,68 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 45, artinya t hitung > ttabel sehingga Ha diterima. Simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran rotating trio exchange lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran two stay two stray siswa kelas X pada mata pelajaran Geogarafi SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN TIPE TARI BAMBU PADA MATARNPELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIIIRNSMP NEGERI 4 BANDA ACEH (SITI ARINI RISANDI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Anasir Lia Istiadona, 2015)

PEMBELAJARAN STATISTIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS XI SMK-SMTI NEGERI BANDA ACEH (Syarifah Raudhatun Nisak, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Asra Wastawa Asha, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (REMI ANDROKA, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.