Search :

Advance


PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PERTAMBANGAN EMAS DI DESA ALUE BARO KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmatin Syandra U - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Syandra Utama, Rahmatin. 2017. Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Pertambangan Emas di Desa Alue Baro Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan.. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Zulfadhli, S.Pd., M.Pd., M.Si., (2) Irma Anggraini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Pertambangan Emas Pertambangan emas yang dikelola secara tradisional oleh masyarakat banyak menimbulkan beragam potensi, baik yang bersifat positif maupun negatif terhadap masyarakat setempat. Penelitian ini berupaya untuk mengungkapkan persepsi dan dampak yang ditimbulkan dari pertambangan emas terhadap keadaan masyarakat Desa Alue Baro Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi masyarakat Desa Alue Baro Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan terhadap keberadaan pertambangan emas dan (2) dampak keberadaan pertambangan emas terhadap lingkungan masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research). Data penelitian ini bersumber dari orang-orang yang berkecimpung dalam penambangan, masyarakat yang mengalami dampak dari keberadaan pertambangan serta aparatur desa yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pertambangan emas. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, persepsi dari sejumlah informan yang telah diwawancarai ditemukan bahwa: (1) masyarakat menganggap pertambangan emas di desa Alue Baro sangat baik dan bermanfaat bagi warga sekitar. (2) keberadaan pertambangan emas juga mampu mengurangi jumlah pengangguran. (3) berdampak baik terhadap ketersediaan sarana ekonomi baru. (4) mempengaruhi sosial ekonomi masyarakat ke arah positif seperti pendapatan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat. (5) masyarakat menginginkan kawasan pertambangan emas tersebut kedepannya akan semakin maju dan berkembang. Kedua, wawancara mengenai dampak yang ditimbulkan oleh pertambangan emas adalah: (1) untuk saat ini, pertambangan emas tidak berpengaruh negatif terhadap lingkungan sekitarnya. (2) pertambangan emas juga tidak mempengaruhi sumberdaya air bersih. (3) tidak mempengaruhi udara di sekitaran pertambangan. (4) tidak merusak tingkat kesuburan tanah. (5) semoga dengan adanya pertambangan emas tersebut dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar. Simpulan penelitian ini yaitu: (1) persepsi masyarakat terhadap keberadaan pertambangan emas sangat baik. Masyarakat sekitar menganggap keberadaan pertambangan emas tersebut mampu mempengaruhi keadaan sosial ekonomi masyarakat ke arah yang baik. (2) dampak positif keberadaan pertambangan emas terhadap lingkungan yaitu dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dan taraf hidup masyarakat sekitar serta untuk saat ini belum menimbulkan dampak negatif yang signifikan terhadap lingkungan sekitarnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAN PERTAMBANGAN EMAS DI KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN (Ayu Risma Putri, 2013)

DAMPAK PERTAMBANGAN EMAS TRADISIONAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI GAMPONG MERSAK KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN (EDI FARLAN, 2016)

KENDALA GURU PENJASORKES DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE-KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2013-2014 (MARZAL SATRIADI, 2015)

TINGKAT KECUKUPAN GIZI PEKERJA BERDASARKAN POLA MAKAN DAN JENIS PEKERJAAN DI DESA LAM ALUE RAYA KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (SAFRIDAYANTI, 2016)

ETNOBOTANI FAMILIA ZINGIBERACEAE DI KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (Aja Khairun Nisa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.