//

ANALISIS PENGGUNAAN DESKRIPTOR WARNA DOMINAN DAN KORELOGRAM WARNA UNTUK TEMU KEMBALI CITRA BUSANA BERBASIS KONTEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yustina Dhyanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dunia busana muslimah sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat, sehingga banyak dicari-cari terutama pada situs belanja daring (online). Karena terdiri dari beragam karakteristik, pencarian berdasarkan teks kurang tepat diimplementasikan pada busana muslimah. Oleh sebab itu, penelitian ini melakukan teknik pencarian lain untuk temu kembali citra busana yaitu Content Based Image Retrieval (Temu Kembali Citra berbasis Konten – TKCK) menggunakan fitur warna. Fitur warna tersebut diekstraksi menggunakan kombinasi fitur global dan fitur lokal, yaitu deskriptor warna dominan (Dominant Color Descriptor) dan korelogram warna (Color Correlogram). Selain itu, pada penelitian ini juga akan dibandingkan kinerja antara color correlogram dengan color auto-correlogram dalam mengekstraksi fitur warna lokal pada dataset busana muslimah menggunakan 4 variasi “k” (k adalah jarak antara piksel pusat dengan piksel tetangganya pada saat menghitung korelasi warna), yaitu 1, 3, 5, dan 7. Berdasarkan beberapa skenario pengujian yang dilakukan, diperoleh hasil precision-recall yang menunjukkan bahwa kinerja TKCK menggunakan deskriptor warna dominan dengan korelogram warna lebih bagus dibanding deskriptor warna dominan dengan color auto-correlogram, yaitu 0,82 dan 0,79. Selain itu, dari perhitungan precision-recall juga diketahui bahwa nilai k=1 memperoleh kinerja paling bagus diantara variasi k yang lain. Kata kunci: busana, TKCK, ekstraksi fitur, pencocokan fitur, evaluasi kinerja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN DAN ANALISIS SISTEM TEMU KEMBALI CITRA BERBASIS WEB (Maulana, 2017)

APLIKASI CURVATURE SCALE SPACE (CSS) UNTUK TEMU KEMBALI CITRA BUSANA MUSLIMAH BERDASARKAN DESKRIPSI BENTUK (Hayatun Maghfirah, 2017)

PENINGKATAN KINERJA TEMU KEMBALI CITRA BUSANA MUSLIMAH DENGAN NORMALISASI PYRAMID HISTOGRAM OF ORIENTED GRADIENTS (Cut Mutia, 2018)

PENERAPAN DAN ANALISIS KINERJA FITUR WARNA SCD DAN DCD PADA SISTEM RETRIEVAL BUSANA MUSLIM (Arsy Febrina Dewi, 2017)

PEMILIHAN BAHAN DAN DESAIN BUSANA PESTA UNTUK BALITA DI DESA LHEU BLANG KECAMATAN DARUL IMARAH (Shinta Maulidia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.