Search :

Advance


KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUKU PAKET KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lini Yulia - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Yulia, Lini. 2016. Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Buku Paket Kurikulum 2013 di SD Negeri 50 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Bachtiar Hasan, M.Pd (2) Drs.Fauzi, M.Pd Kata Kunci : Kendala, Buku Paket (Buku Guru dan Buku Siswa), kurikulum 2013. Perubahan kurikulum 2013 bertujuan untuk memperbaharui kurikulum menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kendala guru dalam mengimplementasikan Buku Paket Kurikulum 2013 di SD Negeri 50 Banda Aceh dan Bagaimana solusi dalam menangangani kendala guru dalam mengimplementasikan Buku Paket Kurikulum 2013 di SD Negeri 50 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apa saja kendala guru dalam mengimplementasikan Buku Paket Kurikulum 2013 di SD Negeri 50 Banda Aceh dan (2) untuk mengetahui solusi dalam menangani kendala guru dalam mengimplementasikan Buku Paket Kurikulum 2013 di SD Negeri 50 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari guru-guru kelas SD Negeri 50 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas di SD Negeri 50 Banda Aceh yang berjumlah 20 orang dengan 20 rombel pelaksanaan wawancara dilaksanakan pada tanggal 18 sampai 21 Oktober 2016. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan bahwa kendala guru dalam mengimplementasikan Buku Paket adalah pada materi-materi yang disajikan di dalam Buku Paket Kurikulum 2013 masih kurang dan tidak mendalam, dari proses penilaian yang masih rumit dan menyita waktu banyak, dan susah merubah mindset belajar siswa dari kurikulum sebelumnya dan solusi yang dilakukan guru harus berinisiatif untuk mencari tambahan bahan ajar dan mendalami tentang Kurikulum 2013. kesimpulan penelitian ini adalah guru-guru kelas di SD Negeri 50 Banda Aceh masih kesulitan menerapkan Buku Paket, sehingga proses pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Disarankan untuk para guru agar lebih termotivasi untuk mencari tambahan bahan ajar dari referensi lain baik itu buku-buku pelajaran lain maupun melalui internet.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH. (Dian Julianti, 2017)

KENDALA GURU DALAM MENYESUAIKAN DIRI DENGAN PERUBAHAN KURIKULUM KTSP KE KURIKULUM 2013 DI GUGUS JERUK KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH (Chairuni, 2016)

KENDALA GURU MATEMATIKA TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (FATMA ELIZA NASUTION, 2015)

KENDALA GURU FISIKA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMAN KOTA BANDA ACEH (Kiki Fajariani, 2015)

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH (Ervina Mardani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.