Search :

Advance


EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MA TERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nova Zulvita Sari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pendekatan Contextual Teaching and Learning Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi pembelajaran matematika adalah pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL). CTL merupakan suatu proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa melihat makna dalam materi pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari. Materi kubus dan balok merupakan salah satu materi yang diajarkan di kelas VIII SMP, materi ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari karena kita selalu dihadapkan dengan benda-benda berbentuk kubus dan balok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 SMP Negeri 14 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan CTL pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 14 Banda Aceh. Ketercapaian efektivitas pembelajaran dengan pendekatan CTL didasarkan pada ketuntasan belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan CTL efektif untuk mengajarkan materi kubus dan balok di kelas VIII1 SMP Negeri 14 Banda Aceh. Hal ini karena syarat-syarat efektivitas pendekatan CTL terpenuhi, yaitu : (1) Ketuntasan secara klasikal terpenuhi dari 18 siswa yang mengikuti tes hanya 4 siswa (22,22%) yang tidak tuntas sedangkan 14 siswa (77,78%) sudah tuntas, (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kategori baik dan sangat baik (3) aktivitas siswa untuk masing-masing kategori pada setiap RPP adalah tidak efektif, (4) respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan CTL adalah positif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MA TERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Nova Zulvita Sari, 2017)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF DAN PENDEKATAN DEDUKTIF PADA MATERI BALOK DAN KUBUS KELAS VIII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (Noviani, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.