Search :

Advance


DISKUSI POLITIK PENGUNJUNG WARUNG KOPI DAN PARTISIPASI POLITIK MENJELANG PEMILIHAN WALIKOTA BANDA ACEH 2017

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhibbul Khairi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

MUHIBBUL KHAIRI; 2017 ABSTRAK DISKUSI POLITIK PENGUNJUNG WARUNG KOPI DAN PARTISIPASI POLITIK MENJELANG PEMILIHAN WALIKOTA BANDA ACEH 2017 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Radhi Darmansyah, M. Sc) (xii, 58), pp., bibl., app. Skripsi ini, menjelaskan tentang fenomena warung kopi di kota Banda Aceh sebagai ruang publik, yang setiap harinya dipenuhi oleh individu, komunitas, dan dengan latar belakang profesi yang beragam, tujuan, maupun kepentingan yang berbeda. Mulai dari membicarakan bisnis, silahturrahmi sesama kerabat, berdialog tanpa batas, hingga tak jarang pembicaraan melebar pada perdebatan politik yang terjadi sesama pengunjung dalam satu meja. Adapun tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah diskusi pengunjung di warung kopi berpengaruh terhadap partisipasi politik menjelang pemilihan Walikota Banda Aceh 2017, dan bagaimana hubungan antara diskusi pengunjung warung kopi terhadap partisipasi politik menjelang pemilihan walikota Banda Aceh 2017 Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif-kualitatif, atau metode campuran, dengan pendekatan ruang publik dan budaya politik. Pengumpulan data dilakukan melalui kajian kepustakaan, observasi, kuisioner, dan wawancara bersama pengunjung warung kopi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diskusi pengunjung warung kopi berpengaruh dan memiliki hubungan terhadap partisipasi politik menjelang pemilihan walikota Banda Aceh 2017, dilihat berdasarkan indikator organ informasi, diskusi politik dan partisipasi politik, diskusi pengunjung warung kopi menyangkut situasi politik menjadi tolak ukur dalam menganalisis tingkat partisipasi politik yang terjadi di ruang publik warung kopi, yaitu dengan mengukur tingkat pengetahuan pengunjung warung kopi terhadap perkembangan situasi dan kondisi politik menjelang pemilihan walikota Banda Aceh 2017. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Indikator organ informasi terdapat 59% pengunjung warung kopi menjawab setuju, sedangkan 41% lainnya menjawab tidak setuju, sehingga indikator organ informasi berpengaruh besar terhadap tingkat partisipasi politik, Indikator diskusi politik terdapat 52% pengunjung warung kopi menjawab setuju, sedangkan 48% lainnya menjawab tidak setuju. Sehingga indikator diskusi politik berpengaruh besar terhadap partisipasi politik menjelang pemilihan walikota Banda Aceh 2017. Indikator partisipasi politik terdapat 50,75% pengunjung warung kopi menjawab setuju dan sangat setuju, sedangkan sisanya menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju. Sehingga indikator partisipasi politik sedikit berpengaruh menjelang pemilihan walikota Banda Aceh 2017. Kata Kunci: warung kopi, organ informasi, diskusi politik, partisipasi politik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILUKADA WALIKOTA/WAKIL WALIKOTA SABANG TAHUN 2012-2017 (ARIEF HIDAYAT, 2014)

PENINGKATAN ELEKTABILITAS CALON WALIKOTA MELALUI IKLAN POLITIK (STUDI KASUS PENGUNAAN DAN PENDANAAN IKLAN POLITIK OLEH CALON WALIKOTA BANDA ACEH 2017) (Sumber Manik, 2017)

PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILUKADA WALIKOTA/WAKIL WALIKOTA BANDA ACEH TAHUN 2012 DI KEC. ULEE KARENG DAN KUTA ALAM (Rahmat Risla Saputra, 2014)

ANALISIS KORELASI ANTARA KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN KARAKTERISTIK WARUNG KOPI DI KOTA BANDA ACEH (haris darmawan, 2016)

PENGARUH POLA PEMASARAN TERHADAP JUMLAH PENGUNJUNG WARUNG KOPI DI KOTA BANDA ACEH (zaki mubaraq, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.