Search :

Advance


HUBUNGAN ANTARA PENANAMAN NILAI KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 PAGAR AIR KABUPATEN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M.arief nabawi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Nabawi, M. Arief. 2017. Hubungan Antara Penanaman Nilai Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Monawati, M.Pd. (2) Drs. Awaluddin, M.Pd Kata kunci: penanaman, nilai, kedisiplinan, hasil belajar PKn Hasil belajar yang baik diperoleh karena adanya kedisiplinan belajar. Kedisiplinan belajar menjadi prasyarat bagi pembentukan sikap, perilaku dan tata kehidupan berdisiplin yang akan mengantar seorang siswa sukses dalam belajar dan kelak ketika bekerja. Penelitian ini berupaya untuk melihat adakah hubungan antara penanaman nilai kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penanaman nilai kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Hipotesis penelitian ini ada hubungan antara penanaman nilai kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 1 Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penilaian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar dengan populasi sebanyak 38 siswa dan sampel sebanyak 38 siswa. Populasi diambil dari 1 kelas, yaitu kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa angka korelasi antara variabel x (penanaman nilai kedisiplinan) dengan varibel y (hasil belajar PKn siswa) tidak bertanda negatif, yaitu rhitung = 0,723. Melihat besarnya angka korelasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa korelasi antara penanaman nilai kedisiplinan dengan hasil belajar PKn siswa berada pada kategori kuat. Penanaman nilai kedisiplinan mempengaruhi hasil belajar PKn siswa 52,2%. 47,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TRUMON RNKABUPATEN ACEH SELATAN (edi masrizal, 2014)

HUBUNGAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH (desy wahyuni, 2016)

PENGARUH KEBIASAAN MENGAJAR GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI.IPA SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (maharani sari palga, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SUMBER DAYA ALAMTERHADAP HASIL BELAJARSISWA DI KELAS IV SD NEGERI 2 PAGAR AIR ACEH BESAR (Devi susanti, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PEMAHAMAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN PELAKSANAAN TATA TERTIB DI SMA NEGERI 1 UNGGUL BAITUSSALAM ACEH BESAR (nurul fazilah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.