Search :

Advance


PENGARUH IRADIASI SINAR GAMMA TERHADAP JUMLAH MIKROBA, SIFAT FISIK, KIMIA DAN SENSORIK DAGING KERING KHAS ACEH (SIE BALU)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wiqatun Khazanah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Daging sapi adalah bahan pangan yang mengandung nilai gizi tinggi yang juga medium baik untuk pertumbuhan mikroorganisme. Pengawetan adalah usaha untuk mencegah perubahan pada daging. Salah satu makanan tradisional khas Aceh adalah sie balu, yaitu daging kering yang diawetkan dengan penambahan garam dan asam. Selanjutnya ditekan dengan pemberat dan dikeringkan. Pengawetan secara tradisional seringkali dijumpai kendala yang merugikan disamping terjadinya perubahan struktur dan kandungan gizinya. Teknologi iradiasi memiliki beberapa keunggulan antara lain higienis, aman, tidak meninggalkan residu, efektif dan efisien serta mampu mempertahankan kualitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh iradiasi sinar gamma terhadap jumlah mikroba, sifat fisik, kimia dan sensorik sie balu dengan dosis 5, 7, 9 kGy dan disimpan 3 sampai 6 minggu. Sie balu dibuat dari 20 kg daging sapi segar yang dipotong dengan ketebalan 2,5 cm. Daging dicuci dan dilumuri garam 1 kg, asam cuka 800 ml, bawang putih 800 g, dan jahe 400 g yang telah dihaluskan. Daging dibiarkan selama 30 menit lalu dimasukkan ke dalam karung beras dan ditekan dengan pemberat 13 kg selama satu malam (± 12 jam). Kemudian dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Sie balu dikemas dalam kemasan vakum selanjutnya diiradiasi. Jumlah mikroba dihitung dengan metode Angka Lempeng Total. Sifat fisik diuji dengan mengukur pH (pH meter) dan aw (novasina). Sifat kimia dilakukan dengan uji proksimat. Data sensorik diperoleh dari 15 orang panelis terlatih melalui uji hedonik. Data dianalisis dengan uji ANAVA melalui program SPSS for Windows versi 17,0 dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iradiasi sinar gamma berpengaruh nyata (P

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JUMLAH BAKTERI ASAM LAKTAT DAN KADAR HISTAMIN PADA SIE BALU SEBELUM DAN SETELAH DIIRADIASI SINAR GAMMA (arham, 2016)

UJI VIABILITAS DAN VIGOR BENIH SERTA PERFORMANSI PADA FASE VEGETATIF TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) LOKAL ACEH HASIL IRADIASI SINAR GAMMA YANG DIBUDIDAYAKAN SECARA ORGANIK (Wira Alamsyah, 2016)

UJI POTENSI HASIL DAN SIFAT FISIKOKIMIA PADI (ORYZA SATIVA L.) MUTAN M3HASIL IRADIASI SINAR GAMMA (Dara Maulina, 2017)

UJI KUALITAS SIE BALU DAGING KERBAU DENGAN PEMBERIAN PERSENTASE BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM) YANG BERBEDA (Arif Fadhilah, 2017)

ANALISIS KEBUSUKAN SIE BALU DAGING KERBAU DENGAN PEMBERIAN PERSENTASE BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM) YANG BERBEDA (Aulia Dinamika, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.