Search :

Advance


AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ERRORS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXTS (A CASE STUDY AT ENGLISH STUDY PROGRAM OF STAIN MALIKUSSALEH LHOKSEUMAWE)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afifuddin - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Afifuddin, 2015: An Analysis of Students’ Errors in Writing Descriptive Text (A Case Study at English Study Program of STAIN Malikussaleh Lhokseumawe) Pembimbing : 1. Dr. Sofyan A. Gani, M.A 2. Dr. T. Zulfikar, M. Ed Kata Kunci: Analisa kesalahan, Karangan Deskriptif, Kesalahan Tata Bahasa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan jenis kesalahan tata bahasa yg dibuat oleh mahasiswa STAIN Malikussaleh yg sedang mengambil mata kuliah Writing III dalam karangan deskriptif mereka. Selain itu, penelitian ini juga berupaya mengidentifikasi dan menggambarkan jenis-jenis kesalahan dan menemukan jenis kesalahan yg terbanyak yg dibuat oleh mahasiswa. Responden penelitian ini adalah seluruh mahasiswa unit 2 program study Bahasa Inggris di STAIN Malikussaleh yang sedang mengambil mata kuliah Writing III tahun akademik 2013/2014. Jumlah keseluruhannya adalah 25 orang mahasiswa di kelas tersebut. Peneliti melakukan penelitian lapangan untuk menemukan buku, referensi yang berhubungan dengan analisa kesalahan, karangan deskriptif dan tata bahasa. Untuk menemukan data di lapangan, peneliti meminta mahasiswa untuk mengarang tentang “STAIN Malikussaleh Lhokseumawe”. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan model analysis data kualitatif Miles dan Huberman. Data dianalisa melalui penganalisaan kesalahan bentuk tata bahasa dalam kalimat dengan cara memberi tanda pada kesalahan tersebut, membuat kalimat yang benar, mengelompokkan jenis kesalahan dan menghitung kesalahan-kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan tata bahasa yg terbanyak yang dibuat oleh mahasiswa dalam karangan deskriptifnya. Hasilnya, penulis menemukan bahwa mahasiswa membuat 288 kesalahan dalam karangannya. Kesalahan terjadi pada semua jenis kesalahan yang diinvestigasi, yaitu pada kata kerja yg berhubungan dengan waktu, bentuk kata kerja, kesesuaian subjek dengan kata kerja, jamak, bentuk kepemilikan, kata sandang tertentu, kata sandang yg tidak tertentu, susunan kata, kalimat yg bertele-tele, dan bagian kalimat. Dan, mahasiswa membuat kesalahan terbanyak dengan 77 kali kesalahan atau 26% dari semua kesalahan pada bagian kalimat. ABSTRACT Afifuddin, 2015: An Analysis of Students’ Errors in Writing Descriptive Text (A Case Study at English Study Program of STAIN Malikussaleh Lhokseumawe) Advisors: 1. Dr. Sofyan A. Gani, M.A 2. Dr. T. Zulfikar, M. Ed Key Words: Error Analysis, Descriptive Text, Grammatical Errors The objective of the research is to reveal the types of grammatical errors made by the students of STAIN Malikussaleh taking writing III in their descriptive writings. Furthermore, it attempts to identify and describe the error types and then to find out the grammatical error type made the most by those students. The participants of the research were all students of unit 2 of English Study Program of STAIN Malikussaleh Lhokseumawe taking Writing III in academic year of 2013/2014. Totally, there were 25 students in the classroom. The researcher conducted the Library research to find some books and references related to error analysis, descriptive writing and grammar. To get the data from the field, the researcher asked the students to write about “STAIN Malikussaleh Lhokseumawe”. To analyze the data, the researcher used Miles and Huberman model of qualitative analysis. The data were analyzed through analyzing the grammatical incorrect form of the sentences by marking the errors, reconstructing the correct sentences, classifying the types of errors and counting the errors in order to know the most common type of grammatical error. As the result, the researcher found that the students made 288 errors in their descriptive writings. The errors occurred in all types of errors investigated, those are verb tense, verb form, subject-verb agreement, plural, possessive inflection, definite article, indefinite article, word order, run-on, and fragment. And, the students made the most errors with 77 time error occurrences or 26% of all of the errors in fragment type of errors.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

A DESCRIPTIVE STUDY ON ERROR ANALYSIS OF STUDENTS’ WRITING SKILL (Novita, 2016)

ASSESSING UNITY, COHERENCE AND WORD USAGE IN STUDENTS’ WRITING (Nurul Fajri, 2015)

COMPARISON BETWEEN MALE AND FEMALE STUDENTS OF GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (Dewi Furtina JH, 2015)

GRAMMATICAL ERRORS PRODUCED BY STUDENTS IN WRITING (A QUALITATIVE STUDY AT THE FIRST GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH,ACEH BESAR) (Siska Kardina, 2017)

AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERROR IN STUDENTS’ WRITING REPORT TEXT (Reza Fahlevi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.