Search :

Advance


PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siska Adilla - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Siska Adilla. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences dengan Menggunakan Pendekatan Problem Solving. Kurikulum Kurikulum pendidikan di Indonesia tidak secara eksplisit menyebutkan tentang Multiple Intelligences pada standar proses pembelajaran. Padahal Multiple Intelligences sangat penting dalam proses pembelajaran karena dapat menciptakan beragam strategi penyelesaian masalah yang dilakukan oleh siswa. Oleh sebab itu, dibutuhkan upaya untuk membantu pelaksanaan pembelajaran Multiple Intelligences. Salah satu upaya tersebut ialah dengan menyediakan perangkat pembelajaran berbasis Multiple Intelligences karena perangkat pembelajaran sebelumnya belum mengakomodir pelaksanaan pembelajaran Multiple Intelligences. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas tahap investigasi awal, tahap perancangan, dan tahap penilaian. Validitas perangkat dinilai dengan penilaian yang diberikan oleh validator. Praktikalitas dinilai berdasarkan keterlaksanaan perangkat yang dikembangkan memenuhi kategori sangat tinggi. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Multiple Intelligences yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dan Tes Hasil Belajar (THB) memenuhi kriteria valid dan praktis. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Matematika dan Multiple Intelligences

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SD MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DISERTAI VIDEO PEMBELAJARAN (Novi Yanti, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Mutia Fariha, 2013)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN ETNOMATEMATIKA (Sera Delta Tanjung, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA (Suci Mahya Sari, 2016)

ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS XI SMA NEGERI MODAL BANGSA TAHUN AJARAN 2013/2014 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR (Herizal , 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.