Search :

Advance


ORNAMEN BATEE RANUB DI MUSEUM ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lindawati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: ornamen hias, batee ranub, museum Aceh Penelitian ini berjudul “Ornamen Batee Ranub di Museum Aceh”. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah ornamen yang terdapat pada Batee ranub di Museum Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ornamen yang ada pada Batee ranub Aceh. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di Museum Negeri Aceh, sumber data penelitian adalah kepala seksi koleksi, kolektor benda seni dan bersejarah, tokoh masyarakat dan para peneliti di Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi non-partisipan, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap Batee ranub memiliki ornamen yang berbeda-beda. Terdapat tiga jenis Batee ranub Aceh yaitu Cerana, Puan dan Karaih. Motif yang terdapat pada Batee ranub Cerana adalah Bungong kalimah, Sisik naga, Awan si tangke, Bungong meulu, Taloe ie, Suluran, Pucok reubong, Puta taloe, Geometris dan Sisek meuria. Motif yang terdapat pada Batee ranub Puan adalah Emun berangkat, Puta taloe, Taloe ie, Awan si tangke, Pucok reubong, Bunga dan Geometris. Sedangkan Batee ranub Karaih motif-motifnya adalah motif Bungong meulu, Puta taloe, Suluran, Oun muroung, Bunga, Taloe ie, Bungong kupula, Pucok reubong, Awan si tangke, Puta taloe dan Geometris.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

BENTUK-BENTUK RANUB DALAM ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT ACEH (EVI VITRI EVAYANI, 2016)

KONDISI TERUMBU KARANG DI PERAIRAN PULAU BATEE KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Saiful Mahlil, 2017)

PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG MUSEUM NEGERI ACEH MENGGUNAKAN METODE DEKOMPOSISI (Sukmi Astuti, 2015)

PERBEDAAN PERSEPSI KUALITAS, KEPUASAN, DAN LOYALITAS KONATIF PENGUNJUNG MUSEUM KOTA BANDA ACEH (STUDI PADA MUSEUM TSUNAMI ACEH DAN MUSEUM ACEH) (Novi Astuti, 2017)

MUSEUM PERJUANGAN ACEH DI BANDA ACEH (Ulia Safitri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.