Search :

Advance


ANALISIS OPINI BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH SE-ACEH TAHUN ANGGARAN 2009 S.D. 2014

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aguswen - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Laporan hasil pemeriksaan BPK selama tahun 2009 s.d. 2014 menunjukkan masih banyak Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) se-Aceh yang belum memperoleh opini WTP dan rendahnya tingkat penyelesaian tindak lanjut atas rekomendasi BPK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab pengecualian dalam opini WDP, TW, dan TMP dan bagaimana tindak lanjut pemerintah daerah atas rekomendasi hasil pemeriksaan BPK. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan mentranskrip data lalu di-organize untuk menentukan temanya. Tema-tema yang sudah terkumpul dicari keterkaitannya dan dinterpretasikan dengan menggunakan teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengecualian dalam opini atas LKPD se-Aceh disebabkan beberapa faktor yaitu kelemahan prosedur pencatatan; kelemahan pengelolaan kas; kelemahan pengelolaan aset tetap; kelemahan pengelolaan pendapatan; kelemahan pengelolaan persediaan; kelemahan proses penganggaran; penyimpangan ketentuan tentang pengeluaran dan pertanggungjawaban belanja; dan kebijakan akuntansi yang belum lengkap. Selanjutnya, pengecualian yang tindak lanjutnya belum sesuai rekomendasi akan tetap menjadi pengecualian tahun berikutnya. Kata kunci: LKPD, Opini BPK, Pengecualian, Tindak Lanjut Rekomendasi BPK

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PERIODE OPINI NON WTP DAN PERIODE OPINI WTP (STUDI PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH TAHUN 2013-2014) (Yuni Wulan Dary, 2016)

PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP ALOKASI BELANJA MODAL PROVINSI ACEH (Khairunnisa, 2014)

PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (STUDI EMPIRIS PADA PENGGUNA EKSTERNAL LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH NANGGROE ACEH DARUSSALAM) (UMMUL BARARAH, 2013)

PROSEDUR PENELAAHAN LAPORAN KEUANGAN PADA TINGKAT UAPPA-W (UNIT AKUNTANSI PEMBANTU PENGGUNA ANGGARAN WILAYAH) LINGKUP KANWIL DITJEN PERBENDAHARAAN PROVINSI ACEH (RISTA OKTAVIA MANALU, 2017)

PENGARUH KOMPLEKSITAS, KEMANDIRIAN DAN OPINI TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA (YUDA SAPUTRA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.