Search :

Advance


HUBUNGAN PENGETAHUAN PENDERITA HIPERTENSI TENTANG PENYAKIT HIPERTENSI DENGAN TINGKAT KECEMASAN DI RSUDZA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M Rizky N - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penyakit the silent killer yang masih menjadi masalah saat ini adalah penyakit hipertensi. Beberapa penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara hipertensi dengan kecemasan. Hubungan tersebut bisa dipengaruhi dari dalam tubuh ataupun dari luar tubuh. Hubungan melalui dalam tubuh yaitu secara hormonal, sedangkan hubungan yang diperoleh dari luar tubuh salah satunya adalah melalui tingkat pengetahuan yang dimiliki penderita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan penderita hipertensi tentang penyakit hipertensi dengan tingkat kecemasan. Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional (potong lintang) dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode consecutive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan pengisian kuesioner oleh responden, lalu dianalisis dengan menggunakan uji spearman. Dari 100 responden, terdapat 75 responden yang berpengetahuan baik dengan tingkat kecemasan tertinggi yaitu pada cemas ringan dengan persentase 49,3% dan 25 responden yang pengetahuannya kurang memiliki tingkat kecemasan tertinggi yaitu pada kecemasan berat dengan persentase 36%, kesimpulan penelitian ini adalah terdapatnya hubungan antara tingkat pengetahuan penderita hipertensi tentang penyakit hipertensi dengan tingkat kecemasan di RSUDZA Banda Aceh dengan nilai probabilitas p-value = 0,009 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK GINJAL DAN HIPERTENSI RSUDZA BANDA ACEH (FADHLUL HUDA SUARDI, 2015)

PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN TERHADAP TATALAKSANA HIPERTENSI DI POLIKLINIK RAWAT JALAN ILMU PENYAKIT DALAM RSUDZA BANDA ACEH (M.R. Fahlawi, 2014)

PROFIL PENDERITA RETINOPATI HIPERTENSI DI POLI PENYAKIT DALAM RSU ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH (fazlia, 2014)

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN TINGKAT KECEMASAN DI POLI PENYAKIT DALAM DAN POLI JANTUNG RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (hardiyanis, 2014)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO TERJADINYA PENYAKIT JANTUNG HIPERTENSI DI RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Naili Rahmi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.