Search :

Advance


AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DI KELAS X IPA 1 MAN DARUSSALAM

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nuriyanti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nuriyanti. 2016. AKtivitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) di Kelas X IPA 1 MAN Darussalam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Hamid, M.Si., (2) Melvina, S.Pd., M.Ed., Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dan aktivitas siswa Penelitian yang berjudul “Aktivitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) di Kelas X IPA 1 MAN Darussalam” ini bertujuan untuk melihat bagaimana aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa, serta respon siswa terhadap keterlaksanaan aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 MAN Darussalam yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan angket, data diolah menggunakan statistik persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, Hal ini dapat dilihat dari jumlah persentase rata-rata yang meningkat, pada pertemuan pertama sebesar 84,21%, pada pertemuan kedua 88,16% dan pada pertemuan ketiga 94,08%, hasil belajar siswa juga terdapat peningkatan dari pertemuan pertama ke pertmuan ketiga, pada pertemuan pertama dengan persentase 70%, pada pertemuan kedua 75% dan pada pertemuan ketiga menjadi 85%, dan respon siswa terhadap keterlaksanaan aktivitas guru dalam proses pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing selama tiga kali pertemuan adalah sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam proses pembelajaran fisika.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING RN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAHRN SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP RN NEGERI 8 BANDA ACEH (Nursafiah, 2015)

PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPA DI MAN BANDA ACEH 1 (WAHYUNI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 1 PADA MATERI GETARAN HARMONIS DI SMAN 12 BANDA ACEH (Cut Ika Chairinda, 2017)

PENERAPAN INQUIRY ROLE APPROACH (INKUIRI PENDEKATAN PERAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (Kasmi Laila, 2015)

PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP) DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Rafidah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.