Search :

Advance


PERBEDAAN CYBERBULLYING DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA REMAJA DI KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Shella Rizky A - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Remaja menggunakan internet sebagai salah satu contoh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Efek yang muncul dengan adanya kemajuan teknologi bisa berdampak positif dan negatif, salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah cyberbullying. Pengakses internet di Indonesia saat ini didominasi oleh remaja sebanyak 64%, hal ini menyebabkan semakin banyaknya perilaku cyberbullying yang terjadi di kalangan remaja Indonesia. Dalam membahas cyberbullying isu gender merupakan salah satu yang banyak dibicarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku cyberbullying ditinjau dari jenis kelamin pada remaja di kota Banda Aceh. Sampel pada penelitian ini sebanyak 364 siswa SMA yang terdiri dari 182 siswa laki-laki dan 182 siswa perempuan. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan metode probability sampling dengan teknik Multi-stage Cluster dan Nonpropotionate Stratified Random Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Student Needs Assessment Survey (SNAS )diajukan oleh Willard (2007). Hasil analisa menggunakan Mann-Whitney U yang menunjukkan nilai Z sebesar 0,627 (p=0,474). Hasil penelitian menyatakan tidak terdapat perbedaan perilaku cyberbullying antara remaja laki-laki dan remaja perempuan di Banda Aceh. Dengan demikian jelas bahwa laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan cyberbullying. Kata kunci: Cyberbullying, Remaja, Jenis Kelamin

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN CYBERBULLYING PADA REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Rayyan, 2017)

PERBEDAAN KEBAHAGIAAN PADA REMAJA KORBAN PERCERAIAN DI BANDA ACEH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Fathur Rahmi, 2015)

PERBEDAAN INTENSI PERILAKU PROSOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Saddam Jaya Keusuma, 2015)

HUBUNGAN KONTROL SOSIAL SEKOLAH DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) DI KOTA BANDA ACEH (Ulia Zuhra, 2017)

PERBEDAAN MOTIVASI KERJA PADA KARYAWAN KONTRAK (NON-DOSEN) DI UNSYIAH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Edy Fauzi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.