Search :

Advance


HUBUNGAN RIWAYAT KELUARGA, KONSUMSI SERAT DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN DERAJAT OBESITAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA OBESITAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA OBESITAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIAN NANDA PUTRA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Di seluruh dunia prevalensi obesitas meningkat tajam dan telah mencapai tingkatan yang membahayakan. Pada tahun 2013, remaja di indonesia mengalami overweight sebanyak 5,7% dan 1,6% mengalami obesitas. Obesitas merupakan kondisi pertambahan lemak tubuh yang didasarkan pada nilai indeks massa tubuh diatas normal (IMT). Kurangnya aktivitas fisik dan pola makan yang tidak baik serta adanya riwayat keluarga yang memiliki obesitas merupakan faktor resiko dari obesitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan riwayat keluarga, konsumsi serat dan aktivitas fisik dengan obesitas pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan rancangan cross-sectional. Untuk penilaian asupan serat menggunakan kuesioner Semi Quantitative Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ), buku food models dan nutrisurvey 2007. Menilai aktivitas fisik menggunakan Global Physical Activity Questionnaire (GPAQ) dan riwayat keluarga dengan kuesioner. Selama penelitian berlangsung didapatkan subjek sebanyak 46 responden, terdiri dari laki-laki 21 orang dan perempuan 25 orang. Responden yang obesitas I (60,9%), memiliki riwayat keluarga obesitas (78,3%), konsumsi serat buruk (69,6%), aktivitas fisik ringan (69,6%) dan menggunakan uji spearman menunjukkan terdapat hubungan antara riwayat keluarga dengan obesitas (p = 0,033). tidak adanya hubungan antara konsumsi serat dengan obesitas (p = 0,760) dan terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan obesitas (p = 0,022). Dapat disimpulkan bahwa riwayat keluarga dan aktivitas fisik berhubungan dengan obesitas sedangkan konsumsi serat tidak berhubungan dengan obesitas. Kata Kunci: Riwayat Keluarga, Konsumsi Serat, Aktivitas Fisik, Obesitas, SQ-FFQ, GPAQ.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP INDEKS DMF-T SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN UKGS (STUDI PADA SDN 20 KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (suci mentari, 2016)

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DAN OBESITAS PADA ANAK UMUR 10-12 TAHUN DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Andesta Mutia Ulva, 2014)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO PENYAKIT JANTUNG PADA USIA PERTENGAHAN (MIDDLE AGE)DI DESA KUTA ALAM KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rosi Hariani, 2014)

HUBUNGAN KONSUMSI MAKANAN SIAP SAJI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR USIA 10-12 TAHUN RNDI KECAMATAN BAITURRAHMANRNBANDA ACEH TAHUN 2015 (INTAN RIZKA PUTRI, 2015)

MODEL BANGKITAN PERGERAKAN PELAJAR DAN MAHASISWA (STUDI KASUS KOTA BANDA ACEH) (Juanda Saputra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.