//

PENGARUH BEBERAPA KOMPOSISI MEDIA TUMBUH TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN, LIPID DAN KARBOHIDRAT PADA TUBUH BUAH JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amalia - Personal Name
SubjectMUSHROOMS -AGRICULTURE
GROWTH REGULATORS - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Amalia. 2016. Pengaruh Beberapa Komposisi Media Tumbuh terhadap Kandungan Protein, Lipid dan Karbohidrat pada Tubuh Buah Jamur Merang (Volvariella Volvacea). Pembimbing: (1) Dr. Samingan, M.Si., (2) Dr. Zairin Thomy, M.Si. ABSTRAK Penelitian mengenai pengukuran kadar protein, lipid dan karbohidrat dalam jamur merang telah dilakukan pada Desember 2015 hingga Februari 2016 di desa Tungkop, kecamatan Darussalam, Banda Aceh dan di laboratorium penguji Balai Riset dan Standarisasi Industri (BARISTAND), Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh dari beberapa perbedaan kombinasi media tumbuh yang digunakan sebagai substrat terhadap kandungan protein, lipid serta karbohidrat yang terdapat dalam tubuh buah jamur merang (Volvariella volvacea). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Objek yang dikaji berupa jamur merang stadium telur yang diinokulasikan pada 9 kombinasi media dan dengan 3 kali ulangan. Analisis protein dilakukan dengan metode Kjeldahl, analisis lipid dengan metode soxhlet dan analisis karbohidrat dilakukan dengan metode Luff-Schoorl. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis of varians (ANOVA). Kadar protein jamur merang tertinggi diperoleh pada perlakuan menggunakan media kombinasi 68% tandan kosong kelapa sawit, 5% jerami dan 15% ampas tebu. Kadar lipid tertinggi diperoleh pada perlakuan menggunakan 98% ampas tebu , sedangkan kadar karbohidrat tertinggi terdapat pada perlakuan 98% jerami. Secara keseluruhan, adanyan perbedaan kombinasi media tumbuh jamur berupa tandan kelapa sawit, jerami dan ampas tebu tidak berpengaruh terhadap kualitas gizi berupa protein, lipid dan karbohidrat yang terdapat dalam tubuh buah jamur merang. Kata Kunci: jamur merang (Volvariella volvacea), kombinasi media, protein, lipid, karbohidrat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMBINASI SUBSTRAT MEDIA TUMBUH TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) (Mardiana, 2016)

PENGARUH KOMPOSISI SUBSTRAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TUBUH BUAH JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) (Suari Eko Trisna, 2016)

PENGOLAHAN JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) DAN JAMUR TIRAM PUTIH (PLEUROTUS OSTREATUS) SEBAGAI PENYEDAP RASA ALAMI (Miftahul Ikhsan, 2018)

PENGARUH PENAMBAHAN AMPAS TEBU TERHADAP KUALITAS BIBIT DAN PRODUKSI JAMUR MERANG (muslim, 2015)

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TUMBUH DAN KONSENTRASI MOLASE TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEAE L.) (LAILATUL FAJRI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy