Search :

Advance


KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA OLEH SUAMI TERHADAP ISTRI MENURUT PERSPEKTIF RELASI GENDER

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tamita Putri Islami - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) oleh suami terhadap istri terjadi karena adanya ketidaksetaraan kekuasaan dalam keluarga. Ketidaksetaraan kekuasaan yang terwujud dalam pembagian peran antara laki-laki dan perempuan dipengaruhi oleh norma-norma yang berlaku di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana relasi gender mempengaruhi KDRT oleh suami terhadap istri. Penelitian ini menggunakan Teori Struktural Fungsional serta Metode Deskriptif Kualitatif. Terdapat sepuluh informan yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Enam diantaranya berstatus sebagai korban KDRT, sedangkan empat informan kunci lainnya terdiri dari tokoh masyarakat Kabupaten Aceh Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa istri mengalami berbagai bentuk KDRT yaitu kekerasan dalam bentuk fisik, psikis, seksual, dan penelantaran ekonomi. Pembagian peran di rumah tidak setara. Penyebab KDRT oleh suami terhadap istri yaitu karena suami merasa berkuasa atas istri, istri tidak menjalankan fungsi sesuai perannya, adanya orang ketiga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh relasi kuasa yang tidak setara terhadap KDRT oleh suami terhadap istri. Kata Kunci : Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Relasi gender

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RELASI GENDER PADA RUMAH TANGGA PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN MILA KABUPATEN PIDIE (STUDI KASUS DI DESA PULO TANJONG KECAMATAN MILA) (NISA FARHANI, 2015)

TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA YANG DILAKUKAN OLEH ISTRI TERHADAP SUAMI (SUATU PENELITIAN DI PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH) (Khairiah Nafisah, 2017)

KEBERMAKNAAN HIDUP PADA ISTRI YANG MENCERAI GUGAT SUAMI (M.Yasin Saputra, 2014)

STATISTIK KRIMINAL TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA ( ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH TAHUN 2013-2015 ) (UTARI RAHAYU, 2016)

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN PEMBAGIAN KERJA KELUARGA BERPENGHASILAN GANDA (STUDI PADA KELUARGA DOSEN ETNIS ACEH DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (anggi yosa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.