Search :

Advance


KEBIASAAN BELAJAR SISWA ETNIS TIONGHOA DI SMA METHODIST BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diantifani Harlianda - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Harlianda, Diantifani. 2016. Kebiasaan Belajar Siswa Etnis Tionghoa Di SMA Methodist Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Dahliana Abd., M.Pd, Kons. (2) Nurbaity, S.Pd, M.Ed Kata Kunci: Kebiasaan Belajar Setiap manusia memiliki suatu kebiasaan yang telah menetap pada dirinya dikarenakan kebiasaan tersebut dilakukan secara berulang-ulang, begitu halnya dengan para pelajar yang seharusnya memiliki suatu kebiasaan yang baik, khususnya dalam hal belajar untuk memperoleh dan meningkatkan hasil belajar maupun prestasi yang optimal dengan membiasakan diri menerapkan kebiasaan belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan belajar siswa etnis Tionghoa di SMA Methodist Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, atau biasa disebut dengan metode penelitian kombinasi (mixed methods) dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII yang beretnis Tionghoa di SMA Methodist Banda Aceh berjumlah 93 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel, sehingga diperoleh 93 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan wawancara. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan persentase. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hampir seluruhnya kebiasaan belajar siswa etnis Tionghoa berada pada kategori baik yaitu 71 responden (76.3%) dan dari hasil wawancara diketahui bahwa siswa etnis Tionghoa memiliki kebiasaan belajar yang baik berupa membiasakan diri selalu menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, disiplin dalam belajar, selalu datang kesekolah dengan tepat waktu, mempersiapkan diri belajar 2-3 hari untuk menghadapi ujian, membiasakan diri menggunakan teknik mind mapping (peta konsep) serta pulpen warna-warni dalam menulis, membiasakan diri mengulang-ngulang pelajaran untuk memudahkan mengingat/menghafal, memanfaatkan segala fasilitas belajar yang disediakan orang tua seperti laptop, buku, wifi, guru privat maupun belajar di tempat les serta memanfaat segala fasilitas belajar di sekolah seperti, perpustakaan, lab komputer, lab bahasa, lab kimia, ruang BEAMS (Board English Association of Methodist Students) dan fasilitas yang lainnya. Penelitian ini dapat menjadi ilmu dan sumber rujukan untuk pembaca, khususnya mengenai kebiasaan belajar yang baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN DAN INTERAKSI ETNIS TIONGHOA DI KOTA RNBLANGPIDIE (1900 – 2014) (sutri yunida, 2015)

PERKEMBANGAN ETNIS TIONGHOA DI KOTA BANDA ACEH, 1945-2014 (CITRA AMELIA, 2014)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL ETNIS ACEH DENGAN ETNIS TIONGHOA (STUDI TERHADAP STEREOTIP PADA MASYARAKAT GAMPONG LAKSANA KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (FERRY GELLUNY PUTRA, 2016)

EFEKTIVITAS PENYAMPAIAN PESAN MELALUI PENGGUNAAN BAHASA ACEH OLEH ETNIS TIONGHOA DALAM BERINTERAKSI SOSIAL DENGAN ETNIS ACEH DI KOTA BANDA ACEH (Febri Miraj, 2016)

HUBUNGAN ANTARA ETHNIC IDENTITY DENGAN SELF-ESTEEM PADA SISWA ETNIK TIONGHOA DI SMA METHODIST BANDA ACEH (Mawaddah Putri Soraiya, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.