//

POTENSI ALELOPATI BEBERAPA GULMA SEBAGAI BIOHERBISIDA TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA BAYAM DURI (AMARANTHUS SPINOSUS L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farizah - Personal Name
SubjectWEEDS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

FARIZAH, 10051010150083. “Potensi Alelopati Beberapa Gulma Sebagai Bioherbisida Terhadap Pertumbuhan Gulma Bayam Duri (Amaranthus spinosus L.)” di bawah bimbingan Siti Hafsah sebagai pembimbing utama dan Gina Erida sebagai pembimbing anggota. RINGKASAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak beberapa jenis gulma yang berpotensi sebagai bioherbisida untuk menghambat pertumbuhan gulma bayam duri. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Gulma, Laboratorium Analisis Pangan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Pertanian, Laboratorium Kimia Organik Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Laboratorium Analisis Kimia Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, yang dimulai Januari sampai Mei 2016. Alat yang digunakan antara lain adalah pot ukuran 1 kg, oven, timbangan analitik, penggaris, saringan, kapas, ember, gembor, spatula, alat pengaduk, lesung, corong, jirigen, kertas label, wadah perendaman, jangka sorong, beaker glass, handsprayer, leaf area meter, dan rotary evaporator. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah benih bayam duri (Amaranthus spinosus), beberapa bahan gulma yang diekstrak seperti : daun kirinyuh (Chromolaena odorata), daun babadotan (Ageratum conyzoides), rimpang alangalang (Imperata cylindrica), umbi teki (Cyperus rotundus), dan berangkasan rumput pahitan (Axonopos compressus), methanol tekhnis 70% sebagai pelarut untuk mengekstrak, aquades sebagai perlakuan kontrol negatif dan sebagai pengencer ekstrak, tween 20 sebagai pembantu untuk mengencerkan ekstrak, herbisida 2,4 D sebagai perlakuan kontrol positif, dan tanah topsoil sebagai media tanam yang diperoleh dari Indrapuri. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola non faktorial yang terdiri atas 15 perlakuan diulang sebanyak 3 kali, sehingga terdapat 45 unit percobaan dan terdapat 2 kontrol yaitu, kontrol positif dan kontrol negatif. Setiap perlakuan terdiri dari 2 unit, sehingga terdapat 102 unit satuan percobaan dalam penelitian ini. Peubah yang diamati adalah Tinggi Gulma, Jumlah Daun, Diameter Batang, Persentase Pengendalian Gulma, Luas Daun, Panjang Akar, Bobot Kering Tajuk, Bobot Kering Akar. ix Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ekstrak gulma alang-alang, teki, kirinyuh, babadotan dan rumput pahitan berpengaruh terhadap tinggi gulma, jumlah daun, diameter batang, presentase pengendalian gulma, luas daun, panjang akar, berat kering tajuk dan berat kering akar pada pertumbuhan gulma bayam duri. Perlakuan ekstrak gulma babadotan pada konsentrasi 20% adalah perlakuan terbaik yang dapat memberikan penekanan tertinggi terhadap pertumbuhan gulma bayam duri. Perlakuan ekstrak babadotan pada konsentrasi 20% memberikan efek yang sama dengan aplikasi herbisida 2,4 D terhadap pertumbuhan bayam duri sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif pengendalian yang ramah lingkungan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS BIOHERBISIDA EKSTRAK BABADOTAN (AGERATUM CONYZOIDES L.) DENGAN PELARUT ETIL ASETAT TERHADAP GULMA BAYAM DURI (AMARANTHUS SPINOSUS) (Taufik Hidayat, 2017)

POTENSI ALELOPATI CAIRAN PERASAN GULMA SEBAGAI HERBISIDA HAYATI UNTUK MENGENDALIKAN GULMA PADA TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAX L.) (Aidil Amar, 2015)

POTENSI ALELOPATI BEBERAPA GULMA SEBAGAI BIOHERBISIDA TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA BAYAM DURI (AMARANTHUS SPINOSUS L.) (Farizah, 2017)

POTENSI ALELOPATI BEBERAPA GULMA SEBAGAI BIOHERBISIDA PADA TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAX L) (Aca Faanthir, 2015)

POTENSI ALELOPATI BEBERAPA TANAMAN TAHUNAN TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA BAYAM DURI (AMARANTHUS SPINOSUS L.) (M. ENDY PRANANTA TARIGAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy