Search :

Advance


STRATEGI KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN NAGAN RAYA DALAM PELAKSANAAN PILKADA 2017 (STUDI TENTANG PENANGANAN TREND POLITIK PERKAUMAN DI NAGAN RAYA)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyudin.z - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK WAHYUDIN. Z, 2017 STRATEGI KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN NAGAN RAYA DALAM PELAKSANAAN PILKADA 2017 (Studi Tentang Penanganan Tren Politik Perkauman di Nagan Raya) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Zainal Abidin, SH., M. Si) (xiv,70), pp., bibl., app. Kabupaten Nagan Raya merupakan salah satu kabupaten yang menggelar pilkada serentak tahun 2017. KIP Nagan Raya selaku penyelenggara pilkada, sebelum hari pelaksanaan pemungutan suara telebih dahulu menyusun tahapantahapan Pilkada. Sebagai penyelenggara, KIP Nagan Raya juga mempunyai kewenangan untuk memberikan pendidikan politik, sosialisasi/bimtek tahapantahapan kepada pemilih. Menarik dari Pilkada Nagan Raya adalah perilaku pemilih yang kental dengan ikatan emosional perkauman. Sehinga penulis tertarik untuk meneliti Strategi KIP Nagan Raya dalam penanganan tren Politik Perkauman di Nagan Raya untuk melahirkan pemilih yang rasional.Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi KIP Nagan Raya dalam menekan tren politik perkauman di Nagan Raya dan kendala yang dihadapi oleh KIP selama pelaksanaan proses tersebut. Penelitian ini bersifat kajian lapangan dan kepustakaan, di mana data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yang meliputi hasil wawancara, observasi, sedangkan data sekunder, berupa dokumen baik dalam bentuk elektronik maupun cetak, undang-undang, skripsi, artikel dan jurnal yang memiliki hubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan KIP Nagan Raya dalam penanganan tren politik perkauman tidak mempunyai strategi khusus. Peran KIP Nagan Raya selama tahapan pilkada, untuk meningkatkan partisipasi pemilih, sosialisasi tata cara memilih, mengarahkan pemilih untuk mengenal calon sebelum memilih, mengarahkan agar pemilih memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih. Strategi yang digunakan dengan merekrut relawan, bekerjasama denga Radio Repbilk Indonesia Meulaboh, melibat tokoh-tokoh masyarat. Pilkada yang akan diharapakan kepada KIP Nagan Raya untuk merancang program khusus untuk menekan politik perkauman, kepada masyrakat diharapkan untuk memilih berdsarkan kemampuan kandidat, dan untuk partai politik lebih aktif memberikan pendidikan politik khususnya pada masyarakat Nagan Raya. Kata Kunci: KIP Nagan Raya, Politik Perkauman dan Pilkada Tahun 2017

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN KURIKULUM 2013 BIDANG STUDI SENI BUDAYA DI SMP KELAS VII SEKABUPATEN NAGAN RAYA (RIKA NURLISMA HN, 2015)

POLITIK BERASASKAN KAUM DI NAGAN RAYA (SUATU PENELITIAN TENTANG STRATEGI PEMENANGAN T. ZULKARNAINI DALAM PEMILUKADA 2012-2017) (Cut Nurul Hayati, 2014)

IMPLEMENTASI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR: 61.K/TUN/2015 TENTANG PENETAPAN KOMISIONER KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN KABUPATEN NAGAN RAYA (Chairul Umam, 2016)

STUDI PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DI KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA (Fatisa Herlinda, 2014)

ANALISIS KINERJA DPRK KABUPATEN NAGAN RAYA DALAM BIDANG LEGISLASI PERIODE 2014-2019 (SYAHRUR RAMADHI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.