Search :

Advance


PROTOTIPE PEMANFAATAN PANEL SURYA SEBAGAI SUMBER ENERGI PADA SISTEM OTOMASASI ATAP STADION BOLA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Andi Julisman - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe sistem buka tutup atap stadion secara otomatis. Untuk menutup dan membuka atap digunakan dua buah sensor yang terletak pada bagian atas stadion. Sensor air (RD sensor) digunakan untuk mendeteksi air sedangkan sensor cahaya (LDR sensor) untuk mendeteksi cahaya yang berada di sekitar stadion. Energi yang digunakan untuk mengaktifkan sistem tersebut berasal dari panel surya dengan kapasitas 50 Wp. Kerja prototipe ini diatur oleh mikrokontroler arduino. Atap stadion yang digunakan pada prototipe ini terbuat dari bahan fiber yang beratnya 16 gram. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan prototipe telah dapat bekerja dengan baik dan mampu menggerakkan atap dengan torsi 648 x 10-6 N/m maka dipilih motor dengan torsi 3,82 N/m. Kata kunci: Panel Surya, kontrol motor DC, arduino ABSTRACT The purpose of this study is to produce a prototype of the stadium roof open and close system automatically. To close and open the roof to use two sensors located on the top of the stadium. Water Sensor (RD sensor) is used to detect water while a light sensor (LDR sensor) to detect the light that is around the stadium. The energy used to activate the system comes from solar panels with a capacity of 50 Wp. Work is governed by a microcontroller prototyping arduino. Roof stadiums used in the prototype is made of fiber that weighs 16 grams. Based on test results showed a prototype has been able to work well and is able to move the roof with a torque of 648 x 10-6 N / m, have a motor with a torque of 3.82 N / m. Keywords: Solar Panels, DC motor control, arduino

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK RUMAH CERDAS UNTUK MENINGKATKAN KEHANDALAN LISTRIRUMAH TANGGA YANG DISUPLAI DUA SUMBER ENERGI YAITU SUMBER DARI PANEL SURYA DAN PLN MEMERLUKAN SISTEM PENGATUR SUPLAI DAYA KE BEBAN, AGAR PERGANTIAN SUPLAI ENERGI LISTRIK KE BEBAN DAPAT BEKERJA SECARA OTOMATIS, SEHINGGA DAPAT DIKATAKAN RUMAH CERDAS. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MERANCANG PROTOTIPE PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK RUMAH CERDAS GUNA MENINGKATKAN KEHANDALAN DALAM SISTEM KELISTRIKAN DARI SEGI KONTINUITAS PENYUPLAIAN DAYA DAN PENGHEMATAN TAGIHAN LISTRIK. MELALUI PROTOTIPE INI SEBAGAI PEMODELAN UNTUK MELIHAT SISTEM KERJA PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK SAAT MENGGUNAKAN SUMBER LISTRIK PANEL SURYA DAN PLN. PROTOTIPE DIRANCANG MENGGUNAKAN PERANGKAT PLC LOGO SIEMENS 12/24RC TIPE 0BA6 SEBAGAI SENSOR TEGANGAN UNTUK MEMBACA TEGANGAN MASUKAN DARI PANEL SURYA DAN PLN. RANCANG BANGUN PROTOTIPE DIMULAI DENGAN MERANCANG RANGKAIAN SENSOR UNTUK INPUT PLC, RANGKAIAN SENSOR YANG DIRANCANG MEMILIKI KELUARAN PADA RANGE TENGAH PLC (0-10V). UNTUK MEMBUAT PROGRAM PADA PLC SEBAGAI SENSOR TEGANGAN DIHITUNG TERLEBIH DAHULU PARAMETER RANGE TEGANGAN SENSOR YANG AKAN DIPROGRAM AGAR SISTEM DAPAT BEKERJA SESUAI INPUT YANG DIBERIKAN, SELANJUTNYA DIRANGKAI RANGKAIAN RELE SESUAI RANGKAIAN KERJA. HASIL DARI DATA YANG DIPEROLEH PROTOTIPE BEKERJA SECARA OTOMATIS PENYUPLAIAN ENERGI KE BEBAN. PADA SIANG HARI SUMBER ENERGI LISTRIK RUMAH TANGGA DISUPLAI OLEH SUMBER PLN DENGAN DAYA TOTAL ADALAH 56 WATT, PANEL SURYA MELAKUKAN PENGECASAN, SEDANGKAN SAAT MALAM HARI DAPAT DISUPLAI OLEH PLN 30 WATT DAN DI-BACK-UP PANEL SURYA 25.8WATT, SERTA SAAT PEMADAMAN LISTRIK PLN DISUPLAI OLEH SUMBER PANEL SURYA DENGAN DAYA SEBESAR 34.4WATT. (NURLAILA AMNA, 2015)

SISTEM DUAL TRACKING PANEL SURYA DENGAN MENGGUNAKAN PHOTOTRANSISTOR (MUJIBURRAHMAN, 2016)

DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING (Azhar Gunawan, 2015)

SIMULASI SISTEM HIBRID PEMBANGKIT ENERGI SURYA, ANGIN DAN GENERATOR UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMANFAATAN DAYA ENERGI TERBARUKAN (Hendrayana, 2016)

KAJI EKSPERIMENTAL KOLEKTOR SURYA DILENGKAPI MATERIAL PENYIMPAN ENERGI PANAS (T.M. INDRA RIAYATSYAH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.