//

TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN KANKER TELINGA, HIDUNG, DAN TENGGOROK, KEPALA, LEHER (THT-KL) YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI BLUD RSUDZA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sutrisno Habibi Lbs - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kecemasan merupakan respon emosional yang mengganggu dan mengancam ketenangan setiap orang. Kecemasan sering terjadi pada penyakit kronik yang tidak sembuh seperti kanker, salah satunya adalah kanker THT-KL. Pengobatan kanker dengan kemoterapi dapat memberikan efek cemas. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kecemasan pasien kanker Telinga Hidung, Tenggorok, Kepala dan Leher (THT-KL) yang menjalani kemoterapi di BLUD RSUDZA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah pasien kanker THT-KL yang sedang menjalani kemoterapi di BLUD RSUDZA. Data diperoleh langsung dari hasil wawancara dan rekam medik. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 32 responden didapatkan gambaran tingkat kecemasan pada pasien kanker THT-KL menunjukkan sebanyak 53,1% mengalami kecemasan sedang; 34,4% mengalami kecemasan ringan; 12,5% mengalami kecemasan berat. Kecemasan paling banyak diderita oleh pasien yang berusia 46-55 tahun (34,4%), pasien dengan jenis kelamin laki-laki (56,3%), pasien yang sudah menikah sebanyak (84,4%), pasien dengan pendidikan terakhir SMA (78,2%), pasien dengan pekerjaan swasta (40,6%), pasien dengan penghasilan rendah (43,8%), pasien dengan diagnosa Ca Nasofaring sebanyak (43,8%), pasien dengan kanker stadium 4 (46,9%), dan pasien dengan siklus kemoterapi 1-3 sebanyak (68,8%). Kesimpulan: Tingkat kecemasan pada pasien kanker THT-KL yang sedang menjalani kemoterapi di BLUD RUDZA mayoritas adalah kecemasan tingkat sedang. Pasien Kanker THT-KL yang menjalani kemoterapi di bawah siklus 1-3 memiliki tingkat kecemasan berat dan kemoterapi di atas siklus 3 mengalami kecemasan tingkat ringan. Kata Kunci: Tingkat Kecemasan, Kanker THT-KL, Kemoterapi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN STATUS PENDENGARAN PADA PASIEN KANKER KEPALA DAN LEHER PASCA PEMBERIAN KEMOTERAPI CISPLATIN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Chaira Al Kanzi, 2017)

GAMBARAN TINGKAT DEPRESI, KECEMASAN DAN STRESRNPADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI BLUD - RSUDZA BANDA ACEH (Putri Novrisa, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (mutia primadara, 2014)

HUBUNGAN NYERI DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Ayu Pratiwi Sagala, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP KUALITAS TIDUR PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUDZA (Puja Afriyani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.