//

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Murni Asdar - Personal Name
SubjectMETHODS OF STUDY
MATHEMATICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci :model kooperatiftipethink pair share, hasil belajarsiswa Penelitian yang berjudul “Peningkatan HasilBelajarSiswaPada Materi Operasi Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas IV SDNUjong Kuta” inimengangkatmasalah bagaimanakah penerapan tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep operasi bilangan bulat di kelas IV dan bagaimanakahaktifitas guru dan siswa dalam penerapan pembelajaran tipe think pair share. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui (1) penerapan model kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep dasar operasi bilangan bulat di kelas IV SDN Ujong Kuta, (2)Aktifitas guru dan siswa dalam penerapan pembelajaran tipe think pair share.Penelitianiniadalah penelitian tindakan kelas (action research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Ujong Kuta Aceh Besar. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam proses pembelajaran dapat dikategorikan baik, untukketuntasanbelajarpada siklus I 40% dinyatakantidaktuntasdenganpersentaseketuntasansebesar60%, sedangkanketuntasanbelajarpada siklus II dinyatakantuntasdenganpersentase90%. Aktifitas dalam pembelajaran tipe think pair share pada siklus I sebesar 51% dan aktifitas dalam pembelajaran tipe think pair share pada siklus II sebesar 56 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat. Disarankan Bagi guru matapelajaranmatematika di SDN Ujong Kuta Aceh Besar untukdapatmenerapkan model pembelajarankooperatiftipethink pair sharedalamrangkameningkatkankemampuansiswamemahamipembelajaranmatematika sepertidalammaterioperasi bilangan bulat.Diharapkan guru dapatmenggunakanberbagaimacam model pembelajaran yang ada yang jugaharusdisesuaikandenganmateri yang akandiajarkangunameningkatkanmutupendidikandimasa yangakandatang.Penelitianinihendaknyadapatditeruskanolehpenelitiselanjutnyadengankelas, sekolahdanmateri yang berbeda.  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT RNKELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH (meutia, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELANGKAAN SUMBER DAYA EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)RNDI SMP NEGERI 1 PANGA (Nurdiana, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Dahliana, 2014)

APLIKASI MODEL PEMELAJARAN KOOPERATIF TIPE (THINK-PAIR-SHARE) PADA MATERI PERKALIANBILANGAN DI KELAS II SD NEGERI 33 BANDA ACEH (Devi Indrayani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy