//

ANALISIS POTENSI ENERGI ANGIN SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HIBRIDA DI ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irfan Alfayz - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Abstrak Kecepatan angin merupakam acuan dalam pemanfaatan turbin angin sebagai pembangkit listrik dan merupakan variabel utama untuk perhitungan energi aktual suatu lokasi. Dengan itu akan di kombinasikan antara sumber energi angin dan energi listrik dari penyedia utama (PLN). Teknologi Pembangkit listrik tenaga hibrida yang merupakan kombinasi dari dua atau lebih, sistem pembangkit listrik adalah sebagai energi alternatif yang telah banyak dimanfaatkan di indonesia dan jika dikembangkan dengan tepat. Penelitian di awali dengan pengambilan data di daerah saree dengan membandingkan di tiga titik yaitu daerah Blang Bintang, Kp.Durung dan di daerah Kp.Alue Naga. telah dihitung dan menganalisa potensi energi angin untuk penyedia utama (PLN). Dari hasil kajian potensi energi angin sebagai pembangkit listrik di daerah Saree diperoleh kecepatan angin di tahun 2014 sebesar 4.53 m/s dengan menghasilkan daya listrik sebesar 315.244 Watt/m2, sedangkan 2015 sebesar 4,00 m/s dengan daya listrik sebesar 217.036 Watt/m2, dan di tahun 2016 sebesar 4.71 m/s dengan menghasilkan daya listrik sebesar 354.336 Watt/m2 dan perbandingannya di daerah Blang Bintang dengan kecepatan angin sebesar 3,3 m/s dengan menghasilkan daya 121,869 Watt/m2. Sedangkan di daerah Kp.Durung dengan kecepatan angin sebesar 3,4 m/s dengan menghasilkan daya 133,287 Watt/m2 Dan di daerah Kp.Alue Naga dengan kecepatan angin sebesar 4,2 m/s dengan menghasilkan daya 251,247 Watt/m2 Dengan diameter rotor 3 m. Kata Kunci: energi angin, kecepatan angin, lama angin berhembus

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN PADA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) (Diana, 2016)

STUDI POTENSI PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID (SURYA-BAYU) DI BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN (T. Syaufi Hayu, 2018)

PERANCANGAN ALTERNATOR KECEPATAN RENDAH YANG DI PAKAI PADA TURBIN ANGIN TIPE HORIZONTAL MULTI BLADE DI PANTAI ALUE NAGA , ACEH BESAR (Analdi Muttaqin, 2013)

STUDI KELAYAKAN ENERGI MATAHARI SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) DI PULAU WEH SABANG (Sadam Husin, 2017)

PEMBUATAN TURBIN ANGIN JENIS SUMBU VERTIKAL UNTUK PENGGERAK GENERATOR (Suriadi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy