Search :

Advance


ANALISIS BULLWHIP EFFECT PADA RANTAI PASOK DI PT BINA USAHA PRATAMA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Santi Riyana - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Distribusi merupakan aktivitas utama bagi perusahaan distributor. Sebagai distributor sangat bergantung dengan jumlah persediaan atau stok barang yang akan disalurkan ke pelanggan. Untuk menciptakan suatu pelayanan yang diharapkan maka diperlukan koordinasi antara semua pihak dalam supply chain. Kurangnya koordinasi dapat menimbulkan kesalahan informasi yang dapat menyebabkan variasi permintaan. Pendistribusian produk merupakan salah satu permasalahan yang terdapat pada PT Bina Usaha Pratama dikarenakan dalam pendistribusian produk sering terjadi simpangan yang jauh antara persediaan dengan permintaan atau yang disebut dengan Bullwhip Effect. PT Bina Usaha Pratama merupakan perusahaan distribusi produk FMCG yang mendistribusikan produk-produk Unilever untuk wilayah Banda Aceh dan sekitarnya. Produk Zwitsal dan Rexona merupakan produk yang dipilih pada penelitian ini, karena produk tersebut sering terjadi kekurangan persediaan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengukur nilai Bullwhip Effect dan menentukan solusi untuk mengurangi Bullwhip Effect dengan penerapan konsep DRP. DRP merupakan metode untuk menangani pengadaan persediaan dalam suatu jaringan distribusi yang bertujuan untuk merencanakan panjadwalan aktivitas pendistribusian produk dengan biaya yang minimal dan jumlah yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya bullwhip effect pada produk-produk tersebut. Besarnya nilai Bullwhip Effect untuk produk Zwitsal adalah 1,217 dan produk Rexona adalah 1,241. Kemudian produk Zwitsal dan Rexona dikonversikan ke family produk, selanjutnya peramalam dilakukan berdasarkan family produk. Dengan menggunakan metode DRP didapatkan nilai EOQ untuk produk Zwitsal dan Rexona adalah 2.236 karton. Sedangkan total biaya distribusi 24 periode ke depan (Des 2016 – Mei 2017) untuk produk Zwitsal dan Rexona adalah Rp 41.555.444. Kata kunci: Supply Chain, Distorsi Informasi, Persediaan, Bullwhip Effect, Distribution Requirement Planning (DRP)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN RANTAI PASOKAN KOMODITAS KELAPA SAWIT DI PANTAI BARAT ACEH (Nurchalis, 2016)

RANTAI PASOK BAHAN BAKU (LOGISTIK) LABORATORIUM DESAIN DAN MANUFAKTUR (LDM) PADA PRODUK FLANGE DAN KINCIR AIR (Purnama Ramdhani, 2013)

TATACARA PENGHITUNGAN ANGSURAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 25 PADA PT. BINA RNUSAHA PRATAMARNRNTATACARA PENGHITUNGAN ANGSURAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 25 PADA PT. BINA RNUSAHA PRATAMA (TEUKU ARY HANDIKA, 2015)

PENGELOLAAN JARINGAN PASOK DAN NILAI TAMBAH EKONOMI (EVA) GABAH PADA KILANG PADI “AA” DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Miftahul Rauzah, 2015)

ANALISIS PENDAPATAN DAN NILAI TAMBAH INDUSTRI RUMAH TANGGA KELAPA GONGSENG DI UD. BINA USAHA DESA LADONG KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (NURLELA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.