Search :

Advance


PENDEKATAN METODE BALANCED SCORECARD (BSC) DALAM PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN PERCETAKAN ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Karunia Hidayati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Perusahaan Percetakan Aceh merupakan perusahaan yang memproduksi surat kabar paling popular di provinsi Aceh dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dengan optimal dalam memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal pemberian informasi dan berita kepada masyarakat. Salah satu upaya untuk memantau kinerja dan menjaga kekonsistensinan dalam menjalankan tugas adalah dengan melakukan pengukuran kinerja. Metode balanced scorecard (BSC) digunakan dalam penelitian ini untuk merancang sistem pengukuran kinerja guna menetukan indikator-indikator kinerja (KPI) yang sesuai dengan visi misi perusahaan. penentuan KPI dilakukan dengan cara brainstorming dan diskusi bersama manajer departemen HRD/Umum yang dianggap ahli dalam bidangnya. Bobot dan target dari tiap KPI dalam penelitian ini diambil dari penetapan perusahaan serta perhitungan skor menggunakan metode objective matrix (OMAX). Dari hasil penelitian ditetapkan 10 KPI yang dianggap dapat menjadi indikator pencapaian kinerja perusahaan, hasil penelitian menujukkan kinerja perusahaan pada tahun 2015 dan 2016 dalam kondisi baik hal ini dibuktikan dengan kemampuan dalam mencapai target yang ditetapkan serta pencapain skor pada tahun 2015 sebesar 8,7 dan skor tahun 2016 sebesar 8,9. Skor kinerja tersebut dihasilkan dari pencapaian kinerja pada persepktif keuangan dan proses bisnis internal yang hasilnya cukup tinggi. KPI dengan pencapaian kinerja tertinggi ialah KPI profitabilitas. Kata Kunci: Balanced scorecard (KPI), key performance indicator (KPI), Kinerja, objective matrix (OMAX).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK WITEL ACEH (Fajrina, 2014)

EVALUASI KINERJA PELAYANAN E-GOVERNMENT DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD PADA KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU (KPPTSP) KOTA BANDA ACEH (M. RIZAL AKBAR, 2016)

PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PDAM TIRTA DAROY BANDA ACEH) (Fadiel Muhammad Syah, 2016)

PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP KREATIVITAS DENGAN MOTIVASI PROSOSIAL SEBAGAI VARIABLE MODERASI DAN PERSPESCTIVE TAKING SEBAGAI VARIABLE MEDIASI PADA PERUSAHAAN PERCETAKAN DI KOTA BANDA ACEH (M. ZAKI MUBARAK, 2016)

ANALISIS PENILAIAN KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH IBU DAN ANAK, BANDA ACEH) (ARINA NURFAZA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.