Search :

Advance


KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zuhra - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap materi-materi yang telah dipelajari pada satu semester, maka dilakukan ujian semester. Hal ini juga dilakukan pada semester ganjil oleh guru-guru mata pelajaran matematika di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Berdasarkan masalah tersebut, maka penulis ingin meneliti dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh terhadap materi yang diuji pada ujian semester ganjil mata pelajaran matematika dan untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada ujian semester ganjil. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kemampuan siswa terhadap materi Sistem Koordinat berkategori baik, dengan persentase rata-rata jawaban benarnya adalah 81,2%. Kemampuan siswa terhadap materi Operasi Aljabar berkategori cukup, dengan persentase rata-rata jawaban benarnya adalah 61,3%. Kemampuan siswa terhadap materi Fungsi berkategori baik, dengan persentase rata-rata jawaban benarnya adalah 72,4%. Kemampuan siswa terhadap materi Persamaan Garis Lurus berkategori kurang, dengan persentase rata-rata jawaban benarnya adalah 42,6%. Kemampuan siswa terhadap materi Teorema Pythagoras berkategori cukup, dengan persentase rata-rata jawaban benarnya adalah 56,3%. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi Sistem Koordinat yaitu siswa salah dalam mendefinisikan gambar. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi Operasi Aljabar yaitu siswa salah dalam menentukan langkah awal dalam pengerjaan soal karena salah mengartikan maksud dari soal, ia juga salah dalam melakukan prosedur pengerjaan soal, ia lupa jenis faktorisasi bentuk aljabar dan cara menyederhanakannya. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi Fungsi yaitu siswa lupa dengan cara menyelesaikan soal. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi Persamaan Garis Lurus yaitu siswa tidak tahu rumus untuk mencari gradien, ia tidak bisa menentukan absis dan ordinat dari suatu titik, dan ia tidak tahu bahwa kemiringan garis adalah gradien. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi Teorema Pythagoras yaitu siswa kurang teliti dalam menentukan rumus Teorema Pythagoras dari suatu segitiga.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KUALITAS TES MATEMATIKA SEMESTER GANJIL KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Iza Rona, 2017)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Zuhra, 2017)

KUALITAS TES MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Nadhiah Hanum, 2014)

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Ernawati, 2014)

ANALISIS BUTIR SOAL PELAJARAN MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012-1013 DI KELAS V SD NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (nurbayani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.