Search :

Advance


PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE INSPIRATION 9 PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII MTSS DARUL 'ULUM BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Rita Zahara - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Teknologi telah menjadi pusat perkembangan dalam dunia pendidikan, dimana teknologi dapat dijadikan sebagai media pembelajaran salah satunya. Dalam matematika, dengan adanya dukungan dari teknologi dapat membantu siswa memahami matematika tetapi dengan software yang mendukung kegiatan belajar siswa. Salah satu software yang digunakan dalam pembelajaran matematika ini adalah inspiration 9. Penelitian ini terkait pembelajaran dengan materi persamaan garis lurus menggunakan bantuan inspiration 9. Permasalahannya adalah apakah pembelajaran dengan penerapan discovery learning berbantuan software inspiration 9 dapat membantu siswa mencapai ketuntasan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar yang dicapai siswa dengan pembelajaran discovery learning berbantuan software inspiration 9. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian pre eksperimental design dengan disain one shot case study. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan teknik analisis data. Berdasarkan hasil analisis data nilai tes akhir siswa bahwa siswa mencapai ketuntasan bukan disebabkan pembuatan peta konsep saja namun terjadi review materi persamaan garis lurus. Perolehan nilai yang didapatkan dari tes hasil belajar yaitu sebanyak 29 siswa (85,29%) tuntas secara individu, sedangkan 5 siswa (14,71%) lainnya tidak tuntas. Selanjutnya, dilihat dari pembuatan peta konsep berbantuan software inspiration 9 diketahui bahwa siswa belum dapat dikategorikan ke dalam pembuatan peta konsep yang baik. Hasil analisis kemampuan siswa dalam membuat peta konsep beserta hasil analisis belajar siswa menunjukkan bahwa dari 18 siswa (52,94%) termasuk ke dalam kategori baik. Sedangkan angket respon siswa pada model pembelajaran discovery learning berbantuan software inspiration 9 didapatkan bahwa setiap aspek yang direspon positif, sehingga dapat dikatakan efektif dengan hasil respon siswa terhadap tanggapan positif yang dicapai adalah 94,1% yang merupakan persentase terendah di kelas VIII MTsS Darul ‘Ulum Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ELLA SEPTIANA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STADRNPADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP RNPOS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Said Suhardinsyah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Asra Wastawa Asha, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH TAHUN 2015 (Siti Aisyah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.