Search :

Advance


EVALUASI STANDAR KEBUTUHAN TULANGAN PADA KOMPONEN STRUKTURAL PONDASI TAPAK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG PROVINSI ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fariz Arfiola - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Beton bertulang merupakan komponen struktural yang mampu menanggung beban tekan dan tarik. Perencanaan konstruksi bangunan gedung pada wilayah zonasi gempa harus memperhitungkan beban gempa sesuai zonasi dimana bangunan tersebut akan dibangun. Provinsi Aceh merupakan salah satu wilayah yang terletak pada daerah yang berpotensi gempa. Salah satu komponen beton bertulang adalah struktural pondasi tapak yang berfungsi untuk menanggung beban yang didistribusikan oleh pelat lantai terhadap balok anak dan balok portal, beban balok portal didistribusikan ke kolom dan beban kolom kemudian diteruskan ke tanah dasar melalui pondasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rasio kebutuhan tulangan yang aktual dalam 1 m3 sesuai dengan zonasi gempa 10 dan 15 serta dibandingkan dengan rasio tulangan per m3 pondasi beton bertulang berdasarkan AHSP (Analisa Harga Satuan Pekerjaan) yang berbasis pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.11/PRT/M/2013 Bidang Pekerjaan Umum. Proses penelitian diawali dengan pengumpulan data sekunder untuk tiap zona gempa 10 dan 15 berdasarkan peta gempa SNI 1726:2012, data sekunder sebanyak 25 data yang berisikan gambar desain bangunan gedung bertingkat 2 yang terletak pada zonasi gempa 10 dan 15 yang dibangun pada tahun 2012 sampai dengan 2015. Pada analisa tersebut, kebutuhan tulangan pondasi tapak dinyatakan sebesar 150 kg/m3 beton. Dari hasil analisis diperoleh bahwa rasio kebutuhan tulangan pondasi beton bertulang pada zona 15 dengan rasio rata-rata adalah 189.040 kg/m3, sedangkan pada zona 10 rasio kebutuhan tulangan rata-rata sebesar 183.398 kg/m3. Hasil analisis memperlihatkan bahwa 26% lebih besar dari standar AHSP pondasi beton bertulang untuk zona 15 dan 14% lebih besar dari standar AHSP balok beton bertulang untuk zona 10. Kata kunci : struktural, tulangan, pondasi tapak, zonasi gempa

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODEL PRAKIRAAN KEBUTUHAN TULANGAN PADA KOMPONEN STRUKTURAL SLOOF KONSTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI ACEH (Muhariz Azmi, 2017)

EVALUASI STANDAR KEBUTUHAN TULANGAN KOMPONEN STRUKTURAL BALOK PADA KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI PROVINSI ACEH (Ichwan, 2016)

EVALUASI STANDAR KEBUTUHAN TULANGAN PADA KONSTRUKSI SLOOF BETON BERTULANG (Putra Aulia Kesuma, 2016)

MODEL PRAKIRAAN KEBUTUHAN TULANGAN PADA KOMPONEN STRUKTURAL KOLOM BANGUNAN GEDUNG DI PROVINSI ACEH (Fatahillah, 2017)

EVALUASI STANDAR KEBUTUHAN TULANGAN PADA KOLOM BETON BERTULANG (NAZIMAH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.