Search :

Advance


PRARANCANGAN PABRIK SABUN CAIR DARI OLEIN DENGAN KAPASITAS BAHAN BAKU 1.379 TON/TAHUN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ilham Akbar S - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Prarancangan pabrik Sabun Cair menggunakan Olein sebagai bahan baku. Kapasitas bahan baku Sabun Cair ini adalah 1.379 Ton/Tahun dengan hari kerja 45 hari/tahun. Pabrik ini juga menerima bahan baku yang berfariasi sesuai keinginan mitera, selama 285 hari/tahun. Prarancangan pabrik Sabun Cair menggunakan Olein ini menggunakan proses Saponifikasi Trigliserida dengan konversi 97%. Lokasi pabrik direncanakan akan didirikan di Kecamatan Suak Timah, Kabupaten Aceh Nagan Raya, Provinsi Aceh dengan luas tanah 20.000 m2. Tahapan proses di Pabrik Sabun Cair ini meliputi tahap pemanasan umpan, proses reaksi saponifikasi trigliserida, proses pemisahan dan proses pencampuran. Reaksi berlangsung pada temperatur 60⁰C dan tekanan 1 atm pada fasa cair dengan penambahan KOH sebagai alkali. Selanjutnya dilakukan pemisahan air dan KOH yang tidak bereaksi untuk menghasilkan sabun yang murni. Kemudian ditambahkan Metanol untuk pemurnian sabun. Lalu dilakukan pencampuran Asam Sitrat, EDTA, Propylene Glikol, CAPB, Gliserin, Anti Oksidan dan Pewangi. Unit pendukung proses pabrik meliputi unit pengadaan air, steam, udara tekan, tenaga listrik, dan bahan bakar. Kebutuhan air sebesar 12.000 m3/jam diperoleh dari Sungai Suak Timah, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh untuk memenuhi kebutuhan listrik diperoleh dari Generator dengan daya 1.054,72 kW. Bentuk perusahaan yang direncanakan adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan menggunakan metode struktur garis dan staf. Kebutuhan tenaga kerja untuk menjalankan perusahaan ini berjumlah 200 orang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRARANCANGAN PABRIK SHORTENING DARI CPO DENGAN KAPASITAS BAHAN BAKU 80.000 TON/ TAHUN (RITA ZAHARA, 2014)

PRA-RANCANGAN PABRIK SHORTENING DARI CPO DENGAN KAPASITAS BAHAN BAKU 80.000 TON/TAHUN (Cut Itayanti, 2014)

PRARANCANGAN PABRIK SABUN MANDI CAIR DARI CRUDE PALM OIL (CPO) DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 40.000 TON/TAHUN (Risma Fazillah, 2016)

PRARANCANGAN PABRIK SABUN MANDI CAIR DARI CRUDE PALM OIL (CPO) DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 40.000 TON/TAHUN (Frischilia Anggraini, 2016)

PRARANCANGAN PABRIK BIOETANOL DARI NIRA AREN DENGAN KAPASITAS BAHAN BAKU 25.000 TON/TAHUN (Yusril Fuad, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.