Search :

Advance


PREDIKSI TINGKAT BAHAYA EROSI PADA BERBAGAI TIPE PENGGUNAAN LAHAN DI DAS KREUNG GEUPUE KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairom Munzir - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat bahaya erosi yang terjadi di DAS Kreung Geupue Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar yang berlangsung dari Desember 2015 sampai dengan Februari 2016. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif, yang didasarkan pada hasil pengamatan dilapangan dan analisis tanah di laboratorium Penelitian Tanah dan Tanaman dan juga di laboratorium Fisika Tanah Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala. Perhitungan erosi menggunakan persamaan USLE (Universal Soil Loss Equation) yang dikemukakan oleh Wischmeier and Smith, 1978. Metode ini mengamati beberapa aspek, yaitu : erositivas (R), erodibilitas (K), faktor panjang dan kemiringan lereng (LS), pengelolaan tanaman (C) dan faktor konservasi tanah (P). Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu : pengumpulan data dan peta lokasi penelitian, pelaksanaan di lapangan dan pengambilan sampel tanah, analisis laboratorium, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan erosi potensial tertinggi dijumpai erosi potensial tertinggi dijumpai pada SPL 12 yaitu 3.435,31 ton ha-1 th-1 dan erosi potensial terendah dijumpai pada SPL 7 yaitu 9,85 ton ha-1 th-1, untuk nilai erosi aktual tertinggi dijumpai pada SPL 1 yaitu 229,18 ton ha-1 th-1 dan terendah dijumpai pada SPL 7 yaitu 0,003 ton ha-1 th-1. DAS Krueng Geupue terdapat 4 kelas bahaya erosi yaitu Sangat Ringan (SR), Ringan (R), Sedang (S) dan Berat (B). Kelas bahaya erosi sangat ringan (SR) dijumpai pada SPL 3,6, 7 dan 8, tingkat bahaya erosi ringan (R) dijumpai pada SPL 2,4,5 dan 9, tingkat bahaya erosi sedang (S) dijumpai pada SPL 1,10 dan 13, tingkat bahaya erosi berat (B) dijumpai pada SPL 11 dan 12. Kata kunci : Erosi potensial dan erosi aktual , tingkat bahaya erosi, arahan konservasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREDIKSI EROSI DAN UPAYA KONSERVASI TANAH TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) POCUT MEURAH INTAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (MOCHAMMAD REZA, 2016)

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PENYUSUNAN BASIS DATA TINGKAT BAHAYA EROSI SUB DAS KRUENG KEUMIREU KABUPATEN ACEH BESAR (Maulidawati, 2016)

ANALISIS PENUTUPAN LAHAN DAN PENDUGAAN LAJU EROSI BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) PADA HUTAN PRODUKSI (STUDI KASUS DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR) (YUSNIDAR SINAMBELA, 2016)

ANALISIS PENUTUPAN LAHAN DAN PENDUGAAN LAJU EROSI BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) PADA HUTAN PRODUKSI (STUDI KASIS DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR) (YUSNIDAR SINAMBELA, 2016)

PREDIKSI EROSI DI SUB-SUB DAS MEULEUSONG DAN ALUE PINEUNG SUB DAS KRUENG JREU, KABUPATEN ACEH BESAR (Anfal Bakhtiar , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.