//

PENILAIAN KONDISI AKUSTIK DI DALAM RUANG KELAS MELALUI PROGRAM SIMULASI ODEON 5.0 (STUDI KASUS: SMP NEGRI 4 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosa Mardiana - Personal Name
SubjectNOISE - ENGINEERING
ACOUSTICS - ENGINEERING
SIMULATION - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Kimia Unsyiah
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sekolah merupakan salah satu kawasan yang harus dikendalikan tingkat kebisingannya. Sesuai dengan baku mutu tingkat kebisingan pada sekolah atau institusi pendidikan adalah 55 dB. Kondisi sekolah yang tercemar polusi udara akan mempengaruhi kenyamanan belajar siswa dan pada akhirnya konsentrasi dan prestasi belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi tingkat kebisingan terhadap baku mutu kebisingan sekolah yang dipersyaratkan dan melihat bahan material komposit yang dapat mengurangi kebisingan melalui pendekatan simulasi komputer. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi untuk pengembangan proses penyerapan dan peningkatan material komposit bangunan dari segi akustik. Parameter akustik yang di uji adalah bising latar belakang (Backround Noise), Distribusi Tingkat Tekanan Suara, Waktu Dengung, Speech Transmission index (STI) dan Insulasi. Berdasarkan Hasil pengukuran dilokasi SMPN 4 Banda Aceh, menyatakan bahwa tingkat kebisingan di lokasi tersebut melebihi dari batas baku mutu yang dipersyaratkan yaitu pada titik pada frekuensi 1000 Hz yaitu pada titik 1 di halaman sekolah 68.8 dB, titik 2 didalam ruang kelas sekitar 55.5 dB dan titik 3 di luar halaman sekolah sekitar 66.9 dB. Berdasarkan hasil simulasi untuk Clarity/C80 unggul pada bahan ke 3, untuk waktu dengung dan peluruhannya (D50 dan T30) unggul pada bahan ke 4 dan ke 5, sedangkan untuk kejelasan percakapan/ STI semua bahan masuk dalam kategori baik. Kata Kunci : Sekolah, Kebisingan, Parameter Akustik, Simulasi ODEON 5.0

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENILAIAN KONDISI AKUSTIK DI DALAM RUANG KELAS MELALUI PROGRAM SIMULASI ODEON 5.0 (STUDI KASUS: SMP NEGRI 4 BANDA ACEH) (Rosa Mardiana, 2017)

PERANCANGAN ALAS KAKI KESEHATAN UNTUK PENDERITA DIABETES MELITUS MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN ANTROPOMETRI (STUDI KASUS DI KOTA BANDA ACEH) (Muhammad Irfan, 2018)

ALAT PENUNJANG KOMUNIKASI DENGAN KONSEP DATA GLOVE UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU DAN TUNAWICARA DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING (MUNA ADILAH, 2017)

EFISIENSI BIAYA PEKERJAAN DINDING MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUANG BELAJAR STIKES MEDIKA NURUL ISLAM SIGLI (Haris, 2016)

EVALUASI KINERJA AKUSTIK PADA RUANG MASJID (STUDI KASUS: MASJID BAITUL MUKMININ, LAMTEH, KEC. ULEE KARENG, BANDA ACEH) (SAFRIDA HAMIDI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.