Search :

Advance


INTERAKSI SOSIAL KELUARGA MILITER DENGAN MASYARAKAT SIPIL (SUATU STUDI DI ASRAMA RINDAM INSKANDAR MUDA MATA IE)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yetti Rahmi Saputri - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Interaksi sosial sebagai persepsi seseorang terhadap dukungan potensial yang diterima dari lingkungan. Hubungan dengan sesamanya merupakan suatu kebutuhan bagi setiap manusia, oleh karena dengan pemenuhan kebutuhan tersebut akan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya. Tanpa berhubungan dengan manusia lain manusia tidak akan dapat bertahan hidup. Hubungan timbal balik di antara manusia disebut juga sebagai interaksi sosial Interaksi sosial adalah dasar dari proses sosial, menunjuk pada hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Salah satu hubungan sosial yang dapat ditemukan di dalam masyarakat adalah interaksi sosial antar keluarga militer dengan masyarakat sipil. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan secara Purpose Sampling, yaitu dengan informan utama dan informan tambahan. Hasilnya menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi antara keluarga militer dengan masyarakat sipil berlangsung secara baik, terbukti dari lebih banyaknya proses asosiatif yang terjadi dibandingkan dengan proses disosiatif. Masyarakat juga cukup aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh tentara, baik itu kegiatan di dalam asrama, maupun kegiatan di luar asrama. keluarga militer yang pendatang maupun bukan pendatang mengikuti norma-norma dan kebiasaan masyarakat setempat baik itu bidang keagaamaan maupun bidang lainnya. Untuk itu diperlukan sosialisasi yang lebih baik oleh pihak keluarga militer sehingga seluruh masyarakat dapat berinteraksi dengan baik tanpa adanya jarak sosial. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Keluarga Militer, Masyarakat Sipil

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REFORMASI MILITER DALAM PERKEMBANGAN DEMOKRATISASI DI INDONESIA (STUDY KOMPARATIF ERA ABDURRAHMAN WAHID DAN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO) (Arief Himawan Putra, 2016)

HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN KECEMASAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERASRAMA DI KOTA BANDA ACEH (SHAHIBUL HUSNA, 2014)

POLA INTERAKSI SOSIAL PERUSAHAAN PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) DENGAN MASYARAKAT DI KECAMATAN GANDAPURA KABUPATEN BIREUEN (Herianja, 2017)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI KECAMATAN BLANGPIDIE (Khairatul Ulya Mukhtar, 2017)

POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA MILITER ( SUATU PENELITIAN DI ASMIL KOMPI PANSER 11.1 LHOKNGA, YONKAV 11/SERBU ACEH BESAR) (Emilianur, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.