Search :

Advance


KUAT TARIK LENTUR BETON DENGAN VARIASI KOMPOSISI AGREGAT DAUR ULANG (RECYCLED AGGREGATE)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIO RIVANDI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penggunaan beton yang cukup besar untuk proses pembangunan mengakibatkan berkurangnya sumber daya alam yang digunakan sebagai bahan campuran beton. Salah satu cara pelestarian lingkungan dalam bidang konstruksi ialah dengan menggunakan agregat daur ulang (recycle concrete aggregate) sehingga sedikitnya dapat mengurangi penggunaan berlebihan agregat natural. Beton Daur Ulang (recycle aggregate concrete) merupakan campuran material yang didapatkan dari proses ulang beton yang sudah tidak terpakai. Penelitian yang berkelanjutan dilakukan guna memenuhi syarat sebagai material utama dalam proses pembangunan. Benda uji yang digunakan adalah balok beton dengan ukuran (53 x 15 x 15) cm3. Komposisi agregat kasar bekas yang digunakan adalah 35%, 50% dan 100% dari berat total agregat kasar natural (0%). Pengujian dilakukan pada umur beton 7, 14 dan 28 hari dengan kuat tekan rencana K-300. Agregat kasar daur ulang yang digunakan adalah pecahan beton daur ulang diameter agregat maksimum 31,5 mm. Gradasi campuran adalah 0 – 10 mm, 10 – 20 mm, dan 20 – 30 mm. Benda uji balok dilengkapi dengan satu set peralatan ukur deformasi (transducer) yang terdiri dari pengukur deformasi vertikal dan horizontal yang disambungkan dengan data logger. Hasil yang diperoleh adalah nilai kuat tarik lentur tertinggi pada umur 28 hari sebesar 3,67 MPa pada komposisi 50% dengan kenaikan 16,30% dari beton normal (0%). Peningkatan Kuat tarik lentur beton daur ulang 50% lebih besar dibandingkan beton normal (0%). Hal ini disebabkan bahan baku agregat daur ulang dengan mutu K-300 memberikan kinerja yang lebih baik daripada agregat alam. Pola retak mikrostruktur menunjukkan agregat daur ulang turut mengalami keretakan pada beban maksimum.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU KUAT TEKAN BETON SUBSTITUSI AGREGAT DAUR ULANG SEBAGAI AGREGAT KASAR (SUATU PENELITIAN BETON DENGAN FAS 0,4 DAN KOMPOSISI AGREGAT KASAR DAUR ULANG 0%, 35%, 50% DAN 100%) (Atika Aulia Amru, 2017)

PENGARUH VARIASI SUBSTITUSI SERAT KARET PENGGANTI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TARIK BELAH BETON (SUATU PENELITIAN DENGAN MENAGGUNAKAN FAS 0,5) (Irwansyah, 2013)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TARIK BELAH DAN KUAT TARIK LENTUR BETON MUTU TINGGI HYBRID (Nurkhalis, 2017)

PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN AIR DAN SEMEN PADA SUATU PERENCANAAN CAMPURAN (MIX DESIGN) TERHADAP KUAT TARIK LENTUR BETON (SUATU PENELITIAN BETON DENGAN FAKTOR AIR SEMEN 0,3; 0,4; DAN 0,5) (SAFRIAN, 2014)

PENGARUH PENGUNAAN PASIR POZZOLAN SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TARIK BELAH, KUAT TARIK LENTUR DAN KUAT GESER MURNI BETON MUTU TINGGI (M Danil Firdaus, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.