//

INDEPENDENSI LEMBAGA SURVEI CALON GUBERNUR ACEH PADA PILKADA TAHUN 2017 (SUATU PENELITIAN TERHADAP HASIL SURVEI MEDIA RESEARCH CENTER)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tajrian Rahmad - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK TAJRIAN INDEPENDENSI LEMBAGA SURVEI CALON GUBERNUR RAHMAD, ACEH PADA PILKADA TAHUN 2017 (Suatu Penelitian Terhadap Hasil Survei Media Research Center) 2017 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (xv,76),pp.,bibl,app (Dr.Effendi Hasan, MA) Hasil survei Media Research Center banyak menimbulkan pro dan kontra dari masyarakat dan pasangan calon Gubernur dikarenakan disaat merilis hasil surveinya lembaga survei MRC tidak mempublikasikannya secara transparan, seperti jumlah dana, anggaran pelaksanaan survei, apakah dana survei MRC murni berasal dari lembaga itu atau ada pihak tertentu yang jadi sponsor yang turun tangan. Sehingga menimbulkan ketidakpercayaan terhadap hasil survei tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Independensi Media Research Center dalam melakukan survei calon Gubernur Aceh Tahun 2017 serta mengetahui ketidakpercayaan pasangan calon terhadap hasil survei Media Research Center dalam melakukan survei calon Gubernur Aceh tahun 2017. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui penelitian lapangan dan kepustakaan. Penelitian lapangan dilakukan dengan melalui wawancara informan dan dokumen-dokumen penting dari peneliti Media Research Center serta dari pasangan calon Gubernur Aceh yang disurvei. Sedangkan penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara membaca buku teks, jurnal, peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa Independensi dari lembaga survei Media Research Center sudah berjalan baik dengan tidak menjadi konsultan politik, hasil survei berdasarkan fakta dan lembaganya sudah independen dengan bebas pengaruh dari manapun. namun kurang mendapatkan kepercayaan dari pasangan calon dikarenakan tidak ada transparansi disaat merilis hasil survei tersebut. Independensi Lembaga survei Media Research Center sudah berjalan baik dengan tidak merangkap sebagai konsultan politik dan bersikap netral. Namun masih kurang mendapat kepercayaan dari pasangan calon dikarenakan pasangan calon berpandangan hasil survei biasanya bukan dari hasil seutuhnya suatu pemilihan melainkan hasil dari pengambilan sampel dari beberapa responden sehingga pasangan calon tidak seutuhnya percaya terhadap hasil survei tersebut. Kepada lembaga survei Media Research Center dalam melakukan survei harus transparan agar lebih diketahui oleh masyarakat dan pasangan calon dan Serta tetap mempertahankan hasil survei yang digunakan sehingga mendapat kepercayaan dari masyarakat. Kata Kunci: Independensi, Kepercayaan Politik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPERCAYAAN POLITIK PADA PILAR DEMOKRASI (SUATU ANALISIS TERHADAP INDEPENDENSI JSI KOTA BANDA ACEH DALAM PENYELENGGARAAN SURVEY PRA PILKADA 2017) (FERYDA RINJANI, 2016)

ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PENCALONAN MUZAKIR MANAF PADA PILKADA ACEH 2017 DI MEDIA HARIAN SERAMBI INDONESIA (Saifannur, 2016)

PERSEPSIMAHASISWAILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP PENCALONAN MUZAKIR MANAF SEBAGAI CALON GUBERNUR ACEH PADAPILKADA TAHUN2017 (T. EVAN AQSHAR, 2016)

IMPLIKASI PROSES REKRUTMEN TERHADAP INDEPENDENSI PANWASLIH ACEH DALAM PILKADA TAHUN 2017 DI PROVINSI ACEH (SUATU KAJIAN TENTANG PROSES RECRUITMENT PANWASLIH ACEH DALAM INDEPENDENSI DI PROVINSI ACEH ) (Ferzi Falevi, 2017)

PENCALONAN KEPALA DAERAH YANG MEMILIKI HUTANG PADA NEGARA (SUATU PENELITIAN PADA PILKADA SERENTAK ACEH 2017) (Wawan Sahanda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy