//

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI GRAM POSITIF KOKUS PADA KASUS EAR MITES KUCING DOMESTIK (FELIS DOMESTICUS) DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD AROZA - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran Hewan
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI GRAM POSITIF KOKUS PADA KASUS EAR MITES KUCING DOMESTIK (Felis domesticus) DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi bakteri Gram positif kokus yang diduga menjadi penyebab infeksi sekunder pada kasus ear mites kucing domestik di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Sampel yang digunakan berasal dari 10 ekor kucing domestik yang positif menderita ear mites. Hasil swab liang telinga kucing dimasukan ke media Nutrient Broth (NB) dan diinkubasikan pada suhu 37°C selama 24 jam, selanjutnya menggunakan osse steril dilakukan penanaman pada media Manitol Salt agar (MSA) dan media Plate Agar Darah (PAD) dengan teknik goresan T lalu diinkubasikan kembali selama 24-48 jam. Morfologi koloni yang tumbuh terpisah diamati bentuk, ukuran, warna dan elevasi sebelum dilakukan pewarnaan Gram. Uji biokimia (manitol dan glukosa) dan Uji katalase dilakukan pada bakteri yang berbentuk kokus. Hasil penelitian ini dari 10 sampel dinyatakan 8 sampel (80%) penyebab infeksi sekunder pada kasus ear mites adalah bakteri Gram positif dari kelompok Staphylococcus sp dan 2 sampel (20%) dari kelompok Streptococcus sp. Dari 8 sampel yang terinfeksi bakteri kelompok Staphylococcus, 3 sampel (37,5%) merupakan infeksi tunggal Staphylococcus aureus dan 2 sampel (20%) merupakan infeksi tunggal Staphylococcus epidermidis, selain itu terdapat infeksi ganda antara Staphylococcus aureus dan juga Staphylococcus epidermidis sebanyak 2 sampel (20%) dan infeksi ganda Staphylococcus aureus dengan Micrococcus sp sebanyak 1 sampel (12,5%).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI PSEUDOMONAS AERUGINOSA PADA KASUS EAR MITES KUCING DOMESTIK (FELIS DOMESTICUS) DI KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH. (WINDIAN TAJUK MASMAH, 2017)

GAMBARAN LEUKOSIT DARAH KUCING KAMPUNG (FELIS DOMESTICA) DAN KUCING PERSIA (FELIS CATUS) YANG MENDERITA DERMATOFITOSIS (Selvy Yunizar, 2018)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS DARI LUKA INFEKSI KUCING LOKAL (Nurul Ala, 2016)

ISOLASI JAMUR PENYEBAB DERMATOFITOSIS SECARA SIMTOMATIK PADA KUCING KAMPUNG (FELLIS DOMESTICUS) DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Tri Fajarko, 2016)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI PADA ORGAN IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) DARI BEBERAPA PET SHOP DI KOTA BANDA ACEH (Kamaliatur Rizki, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy