//

KOMPETISI PEMILIHAN MODA ANGKUTAN UMUM PENUMPANG ANTARA MOBIL PRIBADI, MINIBUS AC DAN MINIBUS NON AC (STUDI KASUS : BANDA ACEH – LHOKSEUMAWE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEWI SUSWATI - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
VEHICLES - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Unsyiah
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

KOMPETISI PEMILIHAN MODA ANGKUTAN UMUM PENUMPANG ANTARA MOBIL PRIBADI, MINI BUS AC DAN MINI BUS NON AC (Studi Kasus : Banda Aceh – Lhokseumawe) Oleh: Nama : Dewi Suswati NIM : 1409200060027 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Renni Anggraini, ST, M.Eng 2. Dr. Eng. Sugiarto, ST. M. Eng ABSTRAK Kota Banda Aceh sebagai Ibukota dari Provinsi Aceh, menjadi pusat dari segala aktivitas ekonomi, politik, sosial, budaya, swasta, pendidikan dan maupun pusat lainnya. Dalam proses distribusi barang dan penumpang Kota Banda Aceh terhubung dengan kota-kota lain, salah satunya adalah Kota Lhokseumawe. Kota Lhokseumawe merupakan sebuah kota yang berada diantara Banda Aceh dan Medan, sehingga kota ini merupakan jalur vital distribusi perdagangan di Aceh. Peningkatan kuantitas dan kualitas moda transportasi umum dalam melayani pergerakan masyarakat menjadi suatu keharusan dan tak terhindarkan, sehingga akan berdampak pada terjadinya kompetisi antar moda angkutan umum penumpang antar kota. Penelitian ini bertujuan menganalisis besaran kebutuhan setiap moda melalui pembangunan model pemilihan moda antara kendaraan pribadi dan angkutan umum. Dalam penelitian ini terdapat tiga moda yang dikaji, yaitu moda mobil pribadi, minibus AC dan minibus non AC. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei dan kuesioner. Kuesioner didesain dengan metode stated preference. Pembangunan model dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak STATA 10 dan masing-masing moda angkutan dijadikan sebagai base outcome (pembanding). Model berbasis model pemilihan diskret dianalisis dengan pendekatan multinomial logit model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai utilitas pada masing-masing moda yaitu untuk base outcome mobil pribadi dengan nilai utilitas minibus AC = 0,66 dan nilai utilitas minibus non AC = -7,76, untuk base outcome minibus AC dengan nilai utilitas mobil pribadi = 1,72 dan nilai utilitas minibus non AC = -7,76, serta untuk base outcome minibus non AC dengan nilai utilitas mobil pribadi = 10,23 dan nilai utilitas minibus AC = 9,23. Diperoleh probabilitas terpilihnya moda transportasi yang akan digunakan berdasarkan utilitas masing-masing moda yaitu P(mobil pribadi) = 34,11%, P(minibus AC) = 15,22%, dan P(minibus non AC) = 50,68%. Kata kunci : Stated preference, multinomial logit, mobil pribadi, minibus AC, minibus non AC

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PELAYANAN ANGKUTAN UMUM MINIBUS JUMBO DAN MINIBUS L300 SERTA KELAYAKAN PRASARANANYA (STUDI KASUS : RUTE ANGKUTAN UMUM KOTA LANGSA – KOTA LHOKSEUMAWE) (Rusli, 2018)

PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI PEKERJA DI KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA (MUHAMMAD ZULFACHRI, 2016)

ANALISIS PEMILIHAN MODA AKIBAT KEBIJAKAN PENGOPERASIAN BUS TRANS KOETARADJA DI BANDA ACEH (Nurul Rahmi, 2016)

PEMILIHAN MODA OLEH PEKERJA MENUJU TEMPAT KERJA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS KANTOR WALIKOTA BANDA ACEH) (cut mina muzalifa, 2016)

MODEL PEMILIHAN MODA ANGKUTAN UMUM UNTUK RUTE PERJALANAN BANDA ACEH - LANGSA (SUMARNI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.