Search :

Advance


PENDUGAAN UMUR SIMPAN SAUS CABAI (CAPSICUM ANNUM L.) DAN PENAMBAHAN PENGAWET DI INDUSTRI USAHA MENENGAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARRHENIUS

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maria Utami - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Abstrak. Selama ini pendugaan umur simpan produk saus cabai seperti pada industri usaha menengah di Kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah belum melalui pengujian pada laboratorium, tetapi hanya melalui pengalaman produsen saja. Oleh karena itu, diperlukan suatu, metode penentuan umur simpan produk untuk mengetahui masa kadaluarsa dari produk tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Accelerated Sleft Life Testing (ASLT). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui umur simpan saus dan pengaruh penambahan pengawet yang diproduksi di Usaha Menengah, Aceh Tengah. Pendugaan umur simpan ini ditentukan melalui perubahan mutu saus cabai berdasarkan dua faktor. Faktor I adalah konsentrasi pengawet terdiri atas 2 taraf yaitu: K1= 0% dan K2= 0,1%. Faktor II adalah suhu penyimpanan terdiri atas 3 taraf yaitu: S1= 270C, S2= 350C dan S3= 450C, dengan dua kali ulangan sehingga terdapat 12 satuan percobaan. Analisis dilakukan selama penyimpanan (minggu) terdiri atas 5 taraf yaitu: P0 = 0 hari, P1= 7 hari, P2= 14 hari, P3 = 21 hari dan P4= 28 hari yang meliputi kadar air, total mikroba, derajat keasaman (pH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu dan lama penyimpanan produk saus cabai tanpa pengawet dan dengan penambahan pengawet berpengaruh terhadap kadar air, total mikroba, dan pH. Umur simpan saus cabai menurut parameter kadar air pada suhu 27ºC tanpa pengawet 65 hari, penambahan pengawet 79 hari ordo nol, sedangkan ordo satu tanpa pengawet 58 hari dan penambahan pengawet 68 hari. Kata kunci : Saus cabai, Natrium Benzoat, Accelerated Sleft Life Testing (ASLT) Arrhenius

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INSEKTA YANG MENGUNJUNGI TANAMAN CABAI (CAPSICUM ANNUM L) DI KAWASAN LAMREUNG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Azahri, 2014)

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENDUGAAN MASA SIMPAN PRODUK MAKANAN BERDASARKAN KADAR AIR MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL (RAHMAD MULTAZAM, 2017)

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENDUGAAN MASA SIMPAN PRODUK MINUMAN KEMASAN BERDASARKAN KANDUNGAN VITAMIN C MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL (MIRZA MAULANA, 2017)

UJI KINERJA PENGERING TIPE EFEK RUMAH KACA DENGAN PENAMBAHAN KIPAS (BLADE FAN) UNTUK PENGERINGAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L) (EDY SETIAWAN, 2014)

PENGARUH VARIETAS DAN JENIS MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI (CAPSICUM ANNUM L.) PADA TANAH ANDISOL (Wahyu Budianto, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.