//

PRODUKTIVITAS SERASAH MANGROVE DI PESISIR UTARA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Yanti - Personal Name
SubjectMANGROVES
AQUACULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hutan mangrovesering disebut hutan bakau atau mangal adalah komunitas vegetasi pantai tropis dan subtropis, yang didominasi oleh beberapa jenis pohon mangrove yang mampu tumbuh dan berkembang padasetiap daerah pasang surut pantai berlumpur. Produksi serasah merupakan bagian yang penting dalam mentransfer bahan organik dari vegetasi kedalam tanah.Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk menentukan stasiun penelitian yang terdiri dari 2 substasiun yaitu kawasan ekosistem mangrove yang mengarah ke darat dan kearah laut. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-September 2016 di Pesisir Utara Aceh Besar, yang terdiri atas 6 stasiun diantaranya stasiun 1 di Gampong Krueng Cut, stasiun 2 di Gampong Ladong, stasiun 3 dan 4 di Gampong Beurenuet, stasiun 5 di Gampong Lampanah dan stasiun 6 di Gampong Lengah Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji produktivitas ekosistem serasah mangrove melalui produksi serasah mangrove serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi serasah mangrove. Dimana setiap substasiun ditempatkan satu litter trap. Metode litter trap yang digunakan untuk mengetahui produksi serasah. Dari hasil penelitian terdapat 3 jenis mangrove dengan jumlah produksi serasah untuk Rhizophora mucronata sebanyak 79,21 gbk/m2/hari, Avicennia marina sebanyak 0,70 gbk/m2/hari dan Sonneratia alba sebanyak 17,46 gbk/m2/hari. Berdasarkan arah produktivitas serasah mangrove yang banyak ditemukan pada kawasan arah laut sebanyak 52,05 gbk/m2/hari dan yang sedikit ditemukan pada kawasan arah darat sebanyak 45,32 gbk/m2/hari. Kerapatan mangrove pada kawasan arah laut sebanyak 30 ind/100 m2 dengan jumlah produksi serasah sebanyak 52,0 gbk/m2/hari dan pada kawasan arah darat sebanyak 25 ind/100 m2 dengan jumlah produksi serasah 45,32 gbk/m2/hari. Kata kunci : Produktivitas, Serasah Mangrove, Penampung Serasah, Pesisir Utara Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DEKOMPOSISI SERASAH DAUN MANGROVE RHIZOPHORA MUCRONATA DI PESISIR UTARA KABUPATEN ACEH BESAR (Titin Setiawati, 2017)

STUDI PRODUKTIVITAS SERASAH MANGROVE RHIZOPHORA SP. DI KAWASAN ALUE NAGA, ACEH BESAR (Januar Nanda, 2019)

HUBUNGAN KERAPATAN MANGROVE DENGAN KELIMPAHAN PLANKTON DI KAWASAN PESISIR GAMPONG LAMREH KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Rifal, 2014)

HUBUNGAN KANDUNGAN C-ORGANIK, N, P, DAN K PADA SUBSTRAT MANGROVE DENGAN SERASAH DAUN MANGROVE. KECAMATAN SEULIMUM, KABUPATEN ACEH BESAR (NURHAYATI, 2015)

PRODUKSI SERASAH HUTAN MANGROVE DI KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT, KOTA LANGSA (Ridha Hafizi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy