//

STUDI KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL LAPIS AC-WC MENGGUNAKAN VARIASI MATERIAL FILLER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ISWARDI - Personal Name
SubjectCONCRETE-BUILDING MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Abu batu merupakan material filler untuk kontruksi perkerasan jalan yang sering digunakan. Persedian abu batu sebagai filler terbatas dan sulit didapatkan. Dari persoalan diatas maka timbul gagasan untuk menggunakan material lain sebagai filler. Beberapa material yang dapat digunakan sebagai filler adalah serbuk arang, dan abu sekam yang banyak terdapat di Indonesia. Untuk mendapat nilai kekuatan campuran beton aspal yang baik, persentase filler divariasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan filler campuran serbuk arang, semen Portland, abu batu dan campuran filler abu sekam, semen portland, abu batu dalam campuran laston lapis aus (AC-WC) mengunakan bahan pengikat aspal pen 60/70. Agregat yang digunakan berasal dari Gampong Lampanah Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Benda uji yang dibuat terdiri dari dua variasi yaitu antara campuran filler serbuk arang 1% (SA), semen portland 1% (PC), abu batu 5% (AB) dan campuran filler abu sekam 1% (AS), semen portland 1% (PC), abu batu 5%. Kadar aspal yang digunakan adalah sebesar 4,5%, 5,0%, 5,5%, 6,0%, dan 6,5%. Benda uji yang dibuat masing-masing jenis campuran dibuat 15 benda uji dan 3 benda uji untuk durabilitas. Total benda uji yang dibuat adalah 36 benda uji. Spesifikasi yang digunakan mengikuti standar Spesifikasi Umum Bina Marga edisi Desember (2010) dengan mengunakan metode Marshall. Kadar aspal optimum (KAO) untuk masing-masing campuran adalah 6,0% untuk campuran A dan campuran B 5,75%. Karakteristik kekuatan campuran berdasarkan nilai stabilitas pada KAO menunjukkan campuran filler campuran serbuk arang, semen Portland, dan abu batu lebih tinggi stabilitasnya dengan nilai 1350,35 kg dibandingkan dengan campuran filler abu sekam, semen Portland, dan abu batu dengan nilai stabilitas 1098,38 kg.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPHALT CONCRETE - WEARING COURSE (AC-WC) MENGGUNAKAN ABU PASIR ERUPSI GUNUNG BURNI TELONG BENER MERIAH DAN ABU BATU SEBAGAI FILLER (Fajar Ramadhan, 2016)

TINJAUAN PARAMETER MARSHALL TERHADAP BETON ASPAL DENGAN VARIASI SUHU PEMADATAN 140OC 150 OC DAN 160 OC MENGGUNAKAN ASPAL RETONA BLEND 55 (muksalmina, 2014)

STUDI KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL LAPIS AC-WC MENGGUNAKAN VARIASI MATERIAL FILLER (ISWARDI, 2014)

KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE (AC-BC) MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DENGAN ASPAL PEN. 60/70 UNTUK BERBAGAI JENIS FILLER ( STUDI KASUS : FILLER ABU BATU, SEMEN PORTLAND DAN FLY ASH BATUBARA ) (Tarmizi, 2016)

SUBSTITUSI STYROFOAM DAN ABU SERBUK KAYU SEBAGAI MATERIAL CAMPURAN LASTON LAPIS AUS DENGAN METODE PENCAMPURAN BASAH (RIA SEPTIANI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy