Search :

Advance


KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM PEMBANGUNAN KESEHATAN GAMPONG (SUATU KAJIAN PROGRAM MODEL GAMPONG SEHAT DI GAMPONG NEUSU ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Firman Ilmi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

FIRMAN ILMI, 2017 ABSTRAK KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM PEMBANGUNAN KESEHATAN GAMPONG (Suatu Kajian Tentang Program Model Gampong Sehat di Gampong Neusu Aceh) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (xvi, 73), pp., bibl., app. (Dr. Dahlan, SH,. M.Hum,. M.Kn) Kota Banda Aceh sebagai Ibukota Provinsi Aceh dengan menciptakan model Kota Madani ciri dari kota madani adalah warganya terjamin secara pendidikan dan kesehatan sehingga segala kebutuhan yang dilakukan saat penanganan kesehatan harus dilayani dengan baik. Kebijakan kesehatan model gampong sehat sangat diperlukan dalam pembangunan kesehatan masyarakat ditingkat gampong hal ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan yakni lingkungan 40%, perilaku 35%, faktor layanan kesehatan 20%, dan faktor genetik 5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator apa saja pemerintah kota Banda Aceh dalam penerapan model gampong sehat dan untuk mengetahui bagaimana kebijakan pemerintah kota Banda Aceh dalam penerapan inovasi program model gampong Sehat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kualitatif Deskriptif, data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui penelitian lapangan yang dilakukan melalui wawancara informan dan dokumen-dokumen penting dari Dinas Kesehatan kota Banda Aceh dan penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca buku teks, peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan bacaan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan model gampong sehat terdapat beberapa indikator yang mempengaruhi kesehatan masyarakat yakni masih kurangnya pemahaman betapa penting dalam menjaga kesehatan dilingkungannya, Hal ini disebabkan karena kurangnya perilaku masyarakat dalam membangun hidup sehat. Betapa penting menjaga kelestarian lingkungan kesehatan serta membuat sebuah regulasi gampong tentang kesehatan dan menyiapkan data informasi dalam mendukung pelayanan kesehatan. Cara pemerintah kota Banda Aceh dalam penerapan model gampong sehat dengan melakukan strategi persiapan mengumpulkan data informasi kesehatan, kesiapan gampong mengikuti model gampong sehat, implementasi kebijakan model gampong sehat, serta peran pemangku kepentingan dan Penghambat dalam menyukseskan kebijakan model gampong sehat. Sarannya kepada Pemerintah harus mampu dalam membangun pola pikir masyarakat secara bertahap sehingga masyarakat memunculkan kesadaran dalam menjaga kesehatan, saran untuk masyarakat untuk lebih meningkatkan rasa kepedulian terhadap kesehatan dengan mambangun pola perilaku dan lingkungan yang lebih baik. Kata Kunci : Kebijakan Pemerintah dan Model Gampong Sehat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN CAMAT DALAM PENGAMBILAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR GAMPONG RN(STUDI PENELITIAN DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR) (Ade Rahmadshah, 2014)

KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM PENERAPAN GAMPONG SYARIAT (SUATU PENELITIAN DI GAMPONG BEURAWE DAN LAMBARO SKEP) (NURMASYITAH, 2015)

PERSEPSI APARATUR GAMPONG TERHADAP KETERLIBATAN PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNANRN(STUDI DI GAMPONG LAMDINGIN KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (Dian Rizkanita, 2015)

PEMANFAATAN MODAL SOSIAL PADA PROGRAM PEMBANGUNAN GAMPONG GAMPA KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (YON HELMI ANSYORI.A, 2016)

TUGAS DAN FUNGSIPEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM MEMBINA PERANGKAT GAMPONG UNTUK MENYUSUN ALOKASI DANA GAMPONG (SUATUPENELITIAN DI WILAYAH KECAMATANMEURAXA KOTA BANDA ACEH) (TAUFIQ, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.