Search :

Advance


ANALISIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR PERDAGANGAN DI KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Sultan Mulia Nurrahman - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

x ABSTRAK Judul : Analisis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sektor Perdagangan di Kota Banda Aceh Nama : T. Sultan Mulia Nurrahman NIM : 1201101010101 Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Dra. Fikriah, M.Si Konsentrasi : Ekonomi Regional Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sektor perdagangan di Kota Banda Aceh. Penelitian ini lebih dititik beratkan untuk melihat hubungan faktor internal (ekonomi) yaitu aset, modal, penyerapan tenaga kerja, omzet, laba, pinjaman dan penyelesaian pinjaman serta faktor eksternal (non-ekonomi) yaitu perspektif penduduk yang terdiri dari motivasi menjadi pengusaha dan jenis dagangan pengusaha terhadap perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sektor perdagangan di Kota Banda Aceh. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan total responden sebanyak 60 UMKM. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabel distribusi frekuensi dan analisis tabulasi silang dengan chi square (χ 2 ). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor internal yang memiliki hubungan signifikan yaitu lama berdirinya usaha, bentuk badan usaha, jumlah modal di awal, jumlah omzet di awal, jumlah laba di awal, proses penyelesaian pinjaman di awal. Sedangkan faktor internal yang tidak memiliki hubungan signifikan yaitu kepemilikan izin usaha, nilai aset di awal, jumlah tenaga kerja di awal, dan proses pinjaman di awal. Faktor eksternal yang memiliki hubungan signifikan yaitu motivasi menjadi pengusaha. Sedangkan faktor eksternal yang tidak memiliki hubungan signifikan yaitu jenis dagangan pengusaha. Total faktor internal memiliki hubungan yang signifikan terhadap perkembangan UMKM sektor perdagangan. Sedangkan total faktor eksternal tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap perkembangan UMKM sektor perdagangan. Kata Kunci : Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Faktor Internal (Ekonomi), Faktor Eksternal (Non-Ekonomi).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIJAKAN BANK SUMUT DALAM PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) KEPADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN PERBAUNGAN SUMATERA UTARA (Puspita Sari, 2014)

AKUNTANSI DAN KINERJARNUSAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAHRN(STUDI EMPIRIS PADA UMKM YANG TERDAPAT DI BANDA ACEH) (Nurin Shadrina, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PENGUSAHA KECIL MENDAFTAR MENJADI WAJIB PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PENGUSAHA KECIL DI KOTA BANDA ACEH) (KARTIKA PRATIWI S, 2014)

PENGAWASAN DINAS KOPERASI USAHA KECIL MENENGAH DAN PERDAGANGAN TERHADAP PEREDARAN MAINAN ANAK YANG TIDAK MEMPUNYAI STANDAR NASIONAL INDONESIA DI KOTA BANDA ACEH (NADIYA ZUHRA, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA USAHA KECIL MENENGAH DI KOTA BANDA ACEH (CUT RELITA AFRIANDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.