Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X-IPA 3 SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurti Aslindi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Kemampuan Berpikir Kritis, Geografi Penggunaan model Two Stay Two Stray ini sangat menarik apabila dikombinasikan dengan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two Stray Two Stray terhadap peningkatan berpikir kritis siswa kelas X-IPA 3 SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh, aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa kelas X-IPA 3 SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X -IPA 3 SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan soal tes, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru serta respon siswa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan statistik sederhana yaitu persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis pada siklus I dikatagorikan rendah dengan persentase 46 %, sedang pada siklus II dengan persentase 67 %, dan tinggi pada siklus III persentase 73 %. Artinya dari 10 soal siswa dapat mengerjakan 7 soal dengan benar. Aktivitas guru dan siswa pada siklus I 45 %, siklus II 70 %, serta siklus III 100 %. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis meningkat dari perolehan skor rata-rata 2,59 dengan katagori sedang pada siklus II menjadi 2,96 dan 3,2 pada siklus III dengan katagori baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK ASASI MANUSIA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA BLANG (Manawiyah, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (Putri Haryani, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (REMI ANDROKA, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMPN 7 BANDA ACEH (Putri Anggraini, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE RNTWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPSRN SISWA VIII/3 SMP NEGERI 1 KLUETRN TENGAH ACEH SELATAN (Masrijal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.